Wednesday, May 30, 2012

Masjid Lama Gang Bengkok Medan Rusak Diterjang Angin Kencang


Sejumlah pekerja memperbaiki bagian bangunan masjid bersejarah yang rusak di Medan, Sumut, Selasa (29/5). Masjid Lama Gang Bengkok yang didirikan pada tahun 1890 itu rusak karena angin kencang yang kini direnovasi dengan anggaran Rp 140 juta.

Sebagaimana dilaporkan Lembaga Kantor Berita Antara, Mesjid Lama Gang Bengkok di kawasan Kesawan Kota Medan - Sumatera Utara, mengalami kerusakan akibat dihantam terjangan angin kencang. Proses perbaikan masjid itu tengah dilaksanakan tanggal 29 Mei 2012  guna memperbaiki atapnya yang rusak parah.

Masjid Lama Gang Bengkok merupakan masjid tertua ke-dua di Kota Medan setelah Masjid Al-Osmani. Diperkirakan berdiri pada tahun 1874, dibangun di atas tanah wakaf dari Haji Muhammad Ali yang lebih dikenal dengan nama Datuk Kesawan dan seluruh biaya pembangunannya di tanggung oleh Tjong A Fie (1860-1921) seorang saudagar Thionghoa dari daratan China yang kemudian hijrah ke Kota Medan di awal abad ke 19.

Masjid Lama Gang Bengkok dibangun dalam sentuhan kental akulturasi budaya Thionghoa dan Melayu dalam satu bentuk masjid yang unik. Masjid tertua ke dua di Kota Medan ini, dibangun 20 tahun setelah Masjid Al Osmani (1854) di Labuhan Deli, yang merupakan masjid tertua di Kota Medan. Masjid Lama Gang Bengkok tidak saja merekam jejak sejarah pembauran orang melayu dengan orang Thionghoa di kota Medan dalam pembangunan masjid ini tapi juga mewariskan nafas pembauran itu hingga kini.

Artikel terkait