Thursday, April 11, 2013

Primeira Mesquita do Brasil, Masjid Pertama di Brazil

Primeira Mesquita do Brasil atau bila di Indonesia-kan menjadi Masjid Utama Brazil, merupakan masjid pertama yang dibangun di negara Brazil di kota Sao Paolo tempat komunitas muslim terbesar negara tersebut bermukim.

Komunitas muslim Brazil terkonsentrasi di beberapa kota besar seperti kota Sao Paolo yang merupakan kota terbesar di Brazil, di kota ini pula masjid pertama di Brazil dibangun dengan nama Brazil Primeira Mesquita do Brasil di Av. do Estado, yang dibangun di atas lahan yang dibeli secara patungan tokoh-tokoh muslim Brasil ditahun 1929.

Peletakan batu pertamanya dilakukan pada tahun 1948 dan baru berakhir pembangunannya tahun 1960. Lamanya pembangunan masjid tak lepas dari sulitnya upaya penggalangan dana yang dilakukan umat Islam di negeri tersebut. Begitu pembangunan masjid rampung, umat Islam sudah tersebar ke seantero Brasil yang kini sudah mencapai 127 masjid.

Dalam kota Sao Paulo sendiri ada sekitar sepuluh masjid, selain Sao Paolo, Ummat Islam di Brazil juga tersebar di berbagai kota, kota ke dua dengan komunitas muslim terbesar ke dua di Brazil setelah Sao Paolo ada di Foz du Iguacu, kota yang terkenal dengan keindahan air terjunnya.

Mesquita Brasil
Sociedade Beneficente Muçulmana no Brasil
Av. do Estado, 5382 - Cambuci – CEP: 01516-000
São Paulo - SP
Tel: 3208-3726 - Fax: 3209-2728