Thursday, April 11, 2013

Mesquita da Luz, Masjid di Rio de Janeiro - Brazil

Mesquita da Luz menjadi satu satunya masjid bagi sekitar 500 keluarga muslim di Rio De Janeiro – Brazil. Rata rata muslim di kota ini adalah mualaf.

Kota Rio de Janeiro di Brazil, awalnya merupakan ibukota Brazil sebelum dipindahkan ke Brazilia City. Di kota ini islam terdapat sekitar 500 keluarga muslim yang sebagian besar merupakan mualaf. Menjadi sangat menarik mengingat Rio de Janeiro sendiri terkenal sebagai kota pantai dengan budaya bikini, pesta dan karnaval yang jauh dari nilai nilai Islam.

80% dari komunitas muslim disana justru bukan dari Etnis Arab atau keturunannya tapi berasal dari beragam latar belakang, dibandingkan dengan organisasi Islam di bagian lain negara tersebut. Karenanya komunitas muslim di Rio de Janeiro tidak bertendensi untuk menonjolkan identitas Arabia dalam kehidupan beragama keseharian mereka.

Komunitas muslim di Rio de Janeiro memiliki organisasi dan Masjid mereka Sendiri dan bergabung dibawah organisasi Islamic Mutual-Aid Association (SBMRJ). Mereka tumbuh dengan latar belakang yang berbeda beda dan menemukan Islam dalam proses mereka sendiri. SBMRJ beraliran Suni dibentuk tahun 1951. Masjid yang mereka miliki awalnya berupa sebuah ruangan mushola di pusat kota Rio dan pengelolanya kebanyakan adalah muslim mualaf asli Brazil. Sampai kemudian di tahun 2006 mereka mulai membangun bangunan yang benar benar berupa sebuah masjid di sebuah komplek perumahan.

Layaknya di Indonesia, Masjid di Rio de Janeiro ini sangat ramai saat bulan puasa. Keluarga muslim disana beramai ramai memadati masjid dari sahur hingga buka puasa dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah. Begitupun dengan pelaksanaan sholat Jum’at dan dua sholat hari raya. Masjid Rio de Janeiro yang biasa mereka sebut Mesquita da Luz itu merupakan satu satunya bangunan masjid di kota tersebut.***