Monday, December 26, 2011

Masjid Tertua di Singapura, dibangun pengusaha Palembang



Sttt, tau nggak ? Masjid tertua di Singapore itu dibangun oleh seorang pengusaha Muslim Palembang Lho. dibangunnya tahun 1820, abad ke 19 yang lalu. Dimasa itu Palembang dan Singapura memang memilki hubungan dagang yang cukup erat satu sama lain. 

Masjid tersebut bernama Masjid Omar Kampung Malaka. Sesuai dengan namanya Masjid tertua di Singapore ini berada di Kampung Malaka di kawasan Keng Cbeow Street, Masjid Omar Kampong Malaka ini tidaklah terlihat sebagai masjid yang luar biasa  namun inilah masjid yang pertama kali dibangun dan menjadi masjid tertua di Singapura. Terletak di tengah tengah kawasan Singapore River Planning Area, Singapore's central business district. Dan tentu saja merupakan kawasan jantung bisnis Singapura. Lokasinya berada tak jauh dari Kuil Tan Si Chong Su. 

Rupanya kebiasaan orang kaya Indonesia suka ke Singapore itu memang ude sejak dulu ya. Bedanya dulu orang Indonesia yang kesono untuk berdagang, Nyang sekarang rame rame ke Singapore pade belanja alias shoping. Sampai sampai salah satu mantan presiden kita juga disebut sebut menjadikan Singapore semacam puskesmasnya beliau, maklumlah dikit dikit ke Singapore buat berobat ngakunya, meski sempat kepergok wartawan di orchard road, lagi belanja.....wedew.

Nama nama seperti Kampung Bugis dan Kampung Jawa masih eksis di negeri pulau itu meski orang Bugis dan orang Jawanya sudah entah kemana yang tertinggal di kampung bugis hanya gedung gedung jadul peninggalan saudagar Bugis masa lalu yang dijadikan warisan budaya oleh pemkot Singapura.

Jadi klok lagi mampir ke negeri tetangga itu dan mo singgah ke masjid nya saudagar Palembang di Singapore itu, neeh alamat nye ye. 
 
Masjid Omar Kampung Malaka.
10 Keng Cheow Street
Kampong Malaka
Singapore (059607)

Selamat mampir

Source : ada di mari

------------------ooOOOoo----------------

Jangan lupa baca juga artikel masjid lainnye ye