Sunday, June 18, 2023

Masjid Agung Al-A'la Gianyar

Masjid Agung Al-A’la Gianyar Provinsi Bali [foto: Agus Suryadi]
 
Masjid Agung Al-A'la adalah masjid agung kabupaten Gianyar di provinsi Bali, lokasinya berada di jalan Kesatrian no.16 desa Gianyar, kecamatan Gianyar, kabupaten Gianyar, provinsi Bali. Lokasi masjid agung ini berseberangan dengan Bataliyon Zeni Tempur (Yonzipur) 18/YKR Komando Daerah Militer (Kodam) IX Udayana.
 
Masjid Agung Al-A’la Gianyar pertama kali berdiri pada tahun 1967 sebagai Masjid Jami’ Al A’la Gianyar. Sejarah berdirinya masjid ini tak  lepas dari peran Bupati Gianyar saat itu, Bapak Made Kembar Krepun yang mewakafkan tanahnya untuk pembangunan masjid bagi warga muslim Gianyar.
 
Masjid Agung Al-A'la Gianyar
Jl. Kesatrian No. 16 Lingkungan Candi Baru Kelurahan Gianyar Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Provinsi Bali
https://goo.gl/maps/BDAus74NGoZbWjDVA
Instagram @ masjidagunggianyar
Situs: http://masjidagunggianyar.blogspot.com/
 

Masjid Agung Al - A'la Kabupaten Gianyar meraih Juara 1 Lomba Kemakmuran Masjid Tahun 2022 Tingkat Provinsi Bali. Appresiasi juga patut diberikan kepada pengurus masjid ini yang menghimpun beragam arsip sejarah masjid mereka, menyimpan dan menyusun nya dalam rangkaian tulisan di blog internet yang mereka kelola.
 
Bangunan Masjid Agung Al A’la Gianyar terdiri dari dua lantai dimana bagian dasar digunakan sebagai kantor dan lantai dua digunakan sebagai tempat beribadah. Masjid ini menggunakan arsitektur modern dengan kubah besar berwarna hijau pada bagian atapnya. Arsitektur khas Bali hanya tampak pada bagian gapura dan pagar yang mengelilingi kawasan masjid ini.
 
Status Masjid
 
Sejak dibangun tahun 1967 hingga tahun 1992 masjid ini bersatus sebagai Masjid Jami’. Barulah ditahun 1992 atas araham dari Kepala Departemen Agama Gianyar saat itu status masjid Jami’ Al-A’la menjadi Masjid Agung Al-A’la Gianyar sekaligus dibentuk Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Gianyar sebagai penyelenggara kegiatan hari besar Islam yang mencangkup seluruh wilayah Kabupaten Gianyar. Yang sebelumnya masih menjadi satu dengan masjid.
 
Masjid Agung Al-A’la Gianyar dari masa ke masa. Kiri: Masjid Agung Al-A'la Gianyar pada saat proses renovasi tahun 1996. Kanan; Masjid Agung Al-A'la ditahun 2017.

Sejarah Masjid Agung Al-A’la Gianyar
 
Berdirinya Masjid Agung Al-A’la Gianyar berawal dari Bupati Gianyar Made Kembar Krepun yang mewakafkan sebidang tanah miliknya di desa Serongga, Gianyar untuk digunakan sebagai lahan pembangunan masjid bagi muslim Gianyar yang saat itu di kota Gianyar sendiri baru terdiri dari 6 kepala keluarga muslim yakni keluarga H. Madrawi, H.M. Poliman, H. Saifudin Kamarudin Lukmanji, Bapak Nizan, Bapak Awi dan Bapak Niman.
 
Menimbang jauhnya lokasi tersebut dari pusat kota khususnya pemukiman warga Muslim. Panitia Pendirian Masjid meminta agar tanah yang diwakafkan oleh bapak Bupati tersebut, ditukar guling dengan tanah yang berlokasi di depan Markas Armada Pertahanan Udara Republik Indonesia (ARHANUDRI) Gianyar (sekarang Yonzipur 18/YKR Gianyar) dengan pertimbangan bahwa banyak anggota ARHANUD RI Gianyar yang juga beragama Islam.
 
Bangunan masjid mulai berdiri ditahun 1967 diatas lahan seluas ± 8are dan diberi nama Masjid Jami’ Al-A’la Gianyar. Pembangunan awal masjid yang diarsiteki oleh Raden Su’ud ini rampung dalam waktu dua tahun. Bangunan masjid jami’ tersebut tidaklah sebesar sekarang, hanya sepertiga dari luas bangunan sekarang, mengingat warga muslim saat itu juga belum sebanyak saat ini.

Interior Masjid Agung Al-A’la Gianyar [foto: Tri Wahyu Supriyanto]
 
Dengan para pendirinya terdiri dari warga muslim awal di Gianyar yakni H.M. Poliman (Ketua Partai NU Cabang Gianyar saat itu), H. Saifudin Kamarudin (aktifis Muhammadiyah Gianyar saat itu), Letnan Oka Sukarja dan Darwanto dari Arhanud RI Gianyar,  Saheran (Guru PNS), Jahrudin (Kepala Kejaksaan Negeri Gianyar asal Makassar, sekaligus Ketua Takmir pertama). Sumito (Komandan Polisi Resort Gianyar saat itu, sebagai Sekretaris Takmir Pertama) dan Sumarno (Kepala BRI Gianyar saat itu, sebagai Bendahara Takmir Pertama).
 
Seiring dengan telah berdirinya bangunan masjid, kemudian dibentuk Madrasah Ibtidaiyah di tahun 1969 namun menumpang tempat di Gedung TK Bayangkari. Barulah ditahun 1971 dibangun Gedung madrasah yang berlokasi dibelakang masjid. Remaja Masjid Al-A’la mulai dibentuk tahun 1984 oleh Sukandi (putera H.M. Poliman), Sumariyanto (kini menetap di Madura), H. Sadiran dan Alm. Mustamar (terakhir menjabat Seksi Kebersihan hingga wafat pada 13 Agustus 2018).
 
Renovasi Masjid Agung Al-A’la Gianyar
 
Renovasi pertama masjid ini dilakukan pertama kali ditahun 1992 sebatas pada perluasan serambi masjid. Rencana renovasi perluasan masjid dicetuskan ditahun 1995 dilanjutkan dengan pembentukkan Panitia Renovasi Pembangunan Masjid yang diketuai oleh Sapto Widodo dan Sekretaris Drs. H. Sholehuddin Abdul Choliq.

Fitur menarik di Masjid Agung Al-A’la Gianyar.
 
Sempat terjadi pergantian ketua panitia hingga tiga kali awalnya diketuai oleh Sapto Widodo karena pindah tugas digantikan oleh Drs. Hasanuddin Said, setelah dua tahun diganti oleh R. Suprayitno dan terakhir jabatan Ketua Panitia dipegang oleh Drs. H. Teguh Mahargono sedangkan arsiteknya adalah Ir. Bambang Hermanto.
 
Pada tanggal 6 Juli 1996 dilaksanakan Renovasi Masjid secara total hingga ke bentuknya saat ini, walau dengan modal sebesar Rp.  25.000.000,00. Upacara Peletakan Batu Pertama dilaksanakan pada Hari Jum’at oleh Bupati Gianyar Tjokorda Gde Budi Suryawan, SH turut disaksikan oleh Muspida Kabupaten Gianyar dan Ketua MUI Provinsi Bali (yang diwakili oleh Drs.Oentung Oetomo). Renovasi tersebut diperluas hingga lahan Madrasah di bagian belakang masjid, sedangkan Madrasah dipindah ke lokasi lain.
 
Renovasi selesai diawal tahun 2003, bangunan masjid berlantai dua memiliki dua kubah bulat di bagian depan, bentuk asli atap yang bertingkat dua tetao dipertahankan. Kemudian bangunan baru diresmikan oleh bupati Gianyar Tjokorda Gde Budi Suryawan, SH pada tanggal 9 Februari 2003.
 
Rujukan
 
https://masjidagunggianyar.blogspot.com/2016/11/sejarah-masjid-agung-al-ala-gianyar.html?sc=1686473787877#c5627317712815606630
https://bali.kemenag.go.id/gianyar/berita/44122/masjid-agung-al-ala-kabupaten-gianyar-raih-juara-1-lomba-kemakmuran-masjid-tahun-2022-tingkat-provinsi
https://kua-bali.id/detail-rumah-ibadah/kua_gianyar/509
https://rumahibadah.kemenagbali.com/index.php/id/detail/138

No comments:

Post a Comment