Sunday, June 11, 2023

Masjid Agung Bangli Provinsi Bali

Masjid Agung Bangli provinsi Bali [foto: Ubay 26].
 
Masjid Agung Bangli adalah Masjid Agung kabupaten Bangli di Provinsi Bali, lokasinya berada di seberang komplek kantor Polres Bangli di ruas jalan Lettu Lila No.5, desa Kawan kecamatan Bangli, kabupaten Bangli, provinsi Bali. 
 
Berdiri di kawasan pusat pemerintahan kabupaten Bangli di tengah desa Kawan, tentu saja masjid agung Bangli mudah untuk dicapai. Letaknya tak jauh dari Alun Alun Bangli (lapangan Kapten Mudita) tempat kantor Bupati Bangli Berada, dan kantor kantor dinas dan institusi pemerintah lainnya berada di kawasan tersebut.

Masjid Agung Bangli
Jl. Lettu Lila No.5, Kawan, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80614
https://goo.gl/maps/SKzwrUSyQBW7Zv2C8
 

 
Menurut situs Layanan Agama Kecamatan Bangli, disebutkan bahwa Masjid Agung Bangli dibangun diatas tanah wakaf seluas 1300 meter persegi dengan penanggungjawabnya H. Ghufron Fathoni. Merujuk kepada situs simas kemenag, masjid Agung Bangli didirikan pada tahun 1981.
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Bangli berkantor di lingkungan masjid ini. Selain itu di lingkungan masjid juga terdapat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Diniyah dan Raudhatul Athfal (RA / taman kanak kanak Islam) Al-Hidayah yang lokasinya berada dibelakang bangunan masjid.

Pengelolaan Masjid Agung Bangli
 
Masjid Agung Bangli dikelola oleh Yayasan Masjid Agung Bangli dibawah pimpinan Ketua Yayasan H Lukman Hakim. Sedangkan Takmir (pengurus) Masjid diketuai oleh H Gufron Fathoni yang juga Ketua MUI kabupaten Bangli. Dan tak lepas dari peran serta Ketua PC NU Bangli H. Ma”arif, S.Ag, Ketua PHBI Bangli H. Ahmad Yani dan segenap Muslim Bangli.

Interior Masjid Agung Bangli [foto: kua-bali.id]
 
Pimpinan dan personal Polres Bangli yang kantornya berada tepat berseberangan dengan masjid ini juga secara aktif turut serta memakmurkan masjid ini terutama dalam aspek pengamanan aktivitas di Masjid Agung Bangli.
 
Kunjungan Bupati Bangli ke Masjid Agung Bangli
 
Pada 6 April 2023 Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta berkunjung ke Masjid Agung Bangli, untuk menghadiri acara silaturrahmi dan pemberian santunan yatim piatu dan dhuafa.
 
Dalam acara itu, Bupati Bangli mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh para pengurus dan anggota IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Bangli, yang bergotong royong melakukan pengumpulan dana dan shodaqoh untuk selanjutnya diberikan kepada anak yatim piatu dan dhuafa.
 
Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyerahkan santunan yatim piatu di Masjid Agung Bangli [foto: antara]
 
Dalam kurun waktu tahun 2023 Pemkab Bangli juga telah memberikan dana hibah kepada berbagai lembaga, termasuk kepada warga Muslim Bangli yang pada tahun 2023 juga diberikan Ambulans kepada Yayasan Masjid Agung Bangli.
 
Acara tersebut juga dihadiri DPD Bambang Santosa, Para Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat Muslim se-Kabupaten Bangli, Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Bali, Kepala Kemenag Kabupaten Bangli beserta undangan Lainnya.
 
Adapun dana hibah yang dimaksud, sudah diserahkan langsung oleh Bupati Bangli kepada Yayasan Masjid Agung Bangli pada 20 Februari 2023 bersamaan dengan penyerahan dana hibah untuk desa desa adat di kabupaten Bangli. Sedangkan satu unit Mobil Ambulance dari Bupati Sang Nyoman Sedana Arta diserahkan kepada pengurus masjid Agung Bangli pada 12 Mei 2023.
 
Masjid Agung Bangli [foto: Reza Maha]
 
Aktivitas Selama Pandemic Covid-19
 
Selama masa pandemic Covid-19, Kepala Kantor Kemenag kab.Bangli, I.Made Subawa, didampingi Kasubag TU dan Kasi Bimas Islam, Bersama Pengurus Takmir Masjid Agung Bangli memberikan sosialisasi tentang pentingnya gerakan 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi Mobilitas untuk mendukung upaya pencegahan Covid 19 secara efektif, efisien dan maksimal.
 
Aktivitas peribadatan di Masjid Agung Bangli berangsur normal di tahun 2022 seiring dengan mulai meredanya pandemic. Aktivitas peribadatan termasuk sholat tarawih berjamaah untuk umum sudah mulai kembali dilaksanakan pada bulan Ramadhan tahun 2022 sejalan dengan izin dari pemerintah. Sebelumnya selama pandemic, pelaksanaan sholat tarawih terbatas bagi pengurus dan masyarakat muslim disekitar masjid saja.***

Rujukan
 
https://bali.kemenag.go.id/bangli/berita/23528/sosialisasi-gerakan-5m-di-masjid-agung-bangli
https://www.antaranews.com/berita/3475137/bupati-bangli-santuni-anak-yatim-piatu-dan-dhuafa-di-masjid-agung
https://kua-bali.id/detail-rumah-ibadah/kua_bangli/35
https://www.balipuspanews.com/bupati-sedana-artha-serahkan-dana-hibah-daerah-kepada-yayasan-masjid-agung-dan-desa-adat-di-bangli.html
https://bali.tribunnews.com/2022/03/30/masjid-agung-bangli-gelar-shalat-tarawih-untuk-umum-seperti-sebelum-pandemi
https://resbangli.bali.polri.go.id/personil-polsek-bangli-amankan-kegiatantasyakuran-dan-doa-bersama-di-masjid-agung-bangli/
https://bali.tribunnews.com/2023/05/12/bupati-bangli-serahkan-sumbangan-mobil-ambulans-bagi-umat-muslim
https://simas.kemenag.go.id/profil/masjid/114540
 

No comments:

Post a Comment