Sunday, June 25, 2023

Masjid Agung Nurul Yaqin Mamasa

Masjid Agung Nurul Yaqin kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat [foto: Rahma Tiyah]

Masjid Agung Nurul Yaqin adalah masjid agung kabupaten Mamasa di kabupaten Sulawesi Barat. Lokasinya berada di Jalan Pembangunan Kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa provinsi Sulawesi Barat.
 
Berdiri diatas tanah seluas 1500 meter persegi, masjid Agung Nurul Yaqin memiliki sumber ekonomi produktif yakni berupa rumah kos yang terletak di belakang masjid dengan kapasitas kamar kurang lebih 15 kamar. Sumber ekonomi lainnya adalah berupa tenda terowongan yang dipersewakan dan mendatangkan pendapatan bagi keuangan masjid.
 
Masjid Agung Nurul Yaqin Mamasa
Jalan Pembangunan, kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa
Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat 91365
🌏https://goo.gl/maps/XzBqgKeEXP7KC9GL6
 

 
Masjid Agung Nurul Yaqin pertama kali dibangunt ahun 1934 diatas sebidang tanah wakaf, dengan laus 600 meter persegi dan mampu menampung sekitar 1500 jemaah. Dilengkapi dengan Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
 
Aktivitas Masjid Agung Nurul Yaqin Mamasa
 
Berbagai aktivitas dilakukan dimasjid ini selain penyelenggaraan sholat wajib lima waktu, sholat jum’at berjamaah, dua sholat hari raya, Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam
 
Sebagai masjid agung bagi kabupaten Mamasa, Masjid Agung Nurul Yaqin menjadi pusat Ke-islaman disana, termasuk penyelenggaraan sholat Idul Fitri dan Idul Adha juga pelaksanaan pemotongan hewan qurban di hari raya Idul Adha serta pembagian daging qurban kepada warga sekitar termasuk kepada warga non muslim. Selama bulan suci Ramadhan (bulan puasa) didepan masjid Agung Nurul Yaqin ini ramai dengan tenda tenda kuliner dari para pedagang yang menyediakan aneka rupa takjil dan menu buka puasa.

Interior Masjid Agung Nurul Yaqin Kabupaten Mamasa [foto: Slamet Cahyadi]
 
Sejarah Masjid Agung Nurul Yaqin Mamasa
    
Masjid Agung Nurul Yaqin Mamasa berawal dari masjid kecil di ibokota Kab.mamasa.Masjid ini adalah masjid bersejarah yang dibangun oleh generasi awal penyebar Islam di Kota Mamasa. Diawal abad 19 masyarakat dari luar wilayah mamasa seperti dari bugis dan Duri (Enrekang) menetap diwilayah mamasa untuk berdagang.
 
Tahun 1934 masjid pertama dibangun dengan ukuran yang sangat kecil dan seiring umat Islam di Mamasa semakin bertambah tahun 1980-an direnovasi oleh seorang pengusaha asal Mamasa yang sukses di Bali yaitu H.Zainal Tayyeb dan setelah Mamasa menjadi Kabupaten tahun 2002 maka renovasi masjid kedua dilakukan tahun 2012 dengan bangunan tiga lantai.
 
Kemeriahan Tahun Baru Islam
 
Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, masyarakat Mamas memiliki tradisi melakukan pawai obor di malam 1 Muharam, pawai obor tesebut ditahun 2018 diganti dengan pawai lampion berbagai bentuk dan warna menyemarakkan malam tahun baru di Mamasa. Pergantian obor dengan lampion tersebut karena pertimbangan keamanan, mengingat lampion lebih aman dibandingkan dengan penggunaan obor terlebih dalam jumlah massal.

Masjid Agung Mamasa Tempo Dulu [foto: kemenag]
 
Lampion cantik warna-warni hasil kreasi peserta pawai menerangi lorong-lorong dan jalan-jalan protokol kota tersebut. Tradisi tahunan ini berlangsung meriah dan khidmat. Sepanjang jalan, para peserta pawai melantunkan shalawat dan lagu-lagu religius.
 
Tradisi tahunan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram ini dimulai dari depan Masjid Agung Nurul Yaqin Mamasa kemudian menyusuri rute-rute jalan yang ditetapkan panitia hingga mengitari jalan-jalan protokol di tengah Kota Mamasa.  Kegiatan ini menjadi tontonan menarik warga di sepanjang rute yang dilalui peserta pawai. Ratusan polisi terlibat mengamankan jalannya pawai keliling Kota Mamasa tersebut.
 
Rujukan
 
http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/280681/
https://www.timurterkini.com/berita/berburu-takjil-di-depan-masjid-agung-nurul-yaqin-mamasa/2/
https://sulbar.tribunnews.com/2021/07/21/masjid-agung-nurul-yaqin-mamasa-kurban-18-sapi-50-kg-untuk-warga-non-muslim
https://regional.kompas.com/read/2018/09/11/10392631/pawai-lampion-cantik-sambut-tahun-baru-hijriyah-di-mamasa

No comments:

Post a Comment