Sunday, March 11, 2018

Masjid Agung Sukabumi

Masjid Agung Kota Sukabumi.

Masjid Agung Sukabumi merupakan masjid yang paling besar dan tertua di Sukabumi, lokasinya berada di di Kelurahan Gunung Parang Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan Pendopo Kabupaten Sukabumi, Alun-Alun, dan pusat perbelanjaan di Sukabumi.

Masjid tersebut sudah berdiri pada akhir abad ke 19, berdasarkan foto atau dokumentasi masjid pada 1890 masehi, pada saat itu Masjid Agung Sukabumi menjadi satu-satunya masjid yang berdiri di tengah Kota Sukabumi hingga akhir abad ke 19. Bangunan masjid lainnya baru bermunculan setelah memasuki abad ke 20.

Masjid Agung Kota Sukabumi
Jl. Alun-Alun Utara No.4b, Gunungparang
Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43111



Selama berdiri hingga 2015, Masjid Agung Sukabumi sudah mengalami pemugaran dalam skala besar sebanyak enam kali. Pelaksanaan pemugaran dilakukan pada 1900, 1936, 1945, 1975, 2004, dan 2012. Peresmian Masjid Agung Sukabumi setelah pemugaran terakhir dilakukan pada 12 mei 2013 oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wali Kota Sukabumi pada saat itu Mokh Muslikh Abdussyukur.

Bangunan masjid yang baru ini didesain oleh pemenang sayembara desain masjid yakni artsitek asal Bandung Dedi Sudharmanwan.Saat ini bangunan masjid terlihat megah dengan kubah berwarna kuning keemasan. Uniknya, ada ornament senjata khas Jabar yakni kujang di tiap menaranya. Hal ini menunjukkan perpaduan antara Islam denga budaya lokal.

Aerial View Masjid Agung Kota Sukabumi (foto dari akun instagram @fsiposeno)

Bentuk dasar bangunan Masjid nya berbentuk kubus. Tampak dari luar, eksterior bangunan didominasi dinding tembok berwarna putih dan dilapisi marmer, jendela-jendela unik dengan ukiran kayu dan kaca dengan bentuk bulat dihiasi dinding berwarna kuning keemasan yang terpasang mengelilingi bangunan masjid.

Masjid ini memiliki empat buah menara dan dua kubah kecil dan besar berwarna kuning keemasan. Aada ornamen senjata khas Jawa Barat yakni kujang di tiap menaranya. Hal ini menunjukkan perpaduan antara Islam dan budaya lokal.

Referensi

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/15/08/19/ntbo6r313-masjid-agung-sukabumi-pusat-dakwah-dan-pemersatu-umat-islam
https://fatahilaharis.wordpress.com/2017/09/25/masjid-agung-kota-sukabumi-pasca-pemugaran/

Baca Juga