Saturday, June 24, 2017

Masjid Agung Baitussalam Kabupaten Magetan


Masjid Agung Baitussalam Magetan


Masjid Agung Baitussalam merupakan masjid agung di kabupaten Magetan, Jawa Timur. Lokasinya berada di ruas jalan Basuki Rahmat di pusat kota Magetan. Bangunan masjid megah bergaya modern ini merupakan hasil rehabilitasi dan pembangunan pada tahun 2012 yang lalu.

Sebagai masjid agung kabupaten, Masjid Agung Baitussalam Magetan ini berada di sisi barat alun alun Magetan berseberangan dengan Komplek Sekretariat Daerah kabupaten Magetan yang berada di sisi timur alun alun.

Masjid Agung Baitussalam Magetan
Jl. Basuki Rahmat Barat, Magetan
Kec. Magetan, Kabupaten Magetan
Jawa Timur 63361



Upacara peletakan batu pertama proyek rehabilitasi dan pembangunan masjid ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2012 oleh Bupati Magetan Drs. H. Sumantri MM. Proses pembangunan di tahun 2012 ini mengubah total masjid Agung Magetan yang sebelum nya telah berdiri di lokasi yang sama.

Bangunan masjid agung yang lama di runtuhkan dan kemudian dibangun ulang, Bangunan masjid sebelumnya penuh dengan nuansa masjid tradisional beratap joglo dilengkapi dengan satu menara. Sedangkan masjid baru saat ini seluruh ekteriornya menggunakan gaya bangunan masjid modern dengan kubah besar di atap masjid dan di apit dengan dua menara.

Masjid Agung Baitussalam Magetan sebelum renovasi tahun 2012
 
Masjid Agung Baitussalam Magetan dibangun dua lantai berbentuk mezanin mengelilingi ruang sholat utama. Beberapa tiang tiang beton berukuran besar berdiri kekar di ruang utama menopang struktur lantai dua dan struktur atap bangunan masjid. Kubah utama masjid ini begitu besar dan menjadi fitur utama di bagian dalam masjid.

Sisi dalam kubah utama masjid ini di bagian dalam masjid di hias dengan lukisan berpola geometris dan warna hijau kuning cerah mendominasi ruang dalam masjid. Mihrabnya di hias dengan keramik keramik juga berpola geometris dengan ukuran lebih kecil dan mengesankan ruang mihrab dan sisi kiblat yang sederhana, sama seperti mimbarnya yang berukuran kecil di dalam mihrab.***


Mihrab dan mimbar masjid agung baitussalam magetan
Interior Masjid Agung Baitussalam Magetan

Bangunan lama Masjid Agung Baitussalam Magetan saat diruntuhkan tahun 2012.