Sunday, April 28, 2019

Masjid Agung Ibnu Batutah, Nusa Dua

Ruang sholat masjid Agung Ibnu Batutah di Nusa Dua ini berada di lantai dua, dari pelataran disediakan jejeran anak tangga mengantarkan jemaah langsung ke lantai dua.

Masjid Agung Ibnu Batutah merupakan Masjid Agung yang berada di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Masjid ini berada di pinggir jalan raya dari arah Nusa Dua menuju Uluwatu, sebelum sampai di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.

Pembangunan masjid ini dilakukan oleh BTDC (Bali Tourism Development Center) yang sekaligus disebelah nya dibangun juga tempat ibadah umat Kristen (Gereja) dan tempat ibadah umat Hindu (Pura).

Masjid Agung Ibnu Batutah
Kompleks Puja Mandala Nusa Dua
Jl Kurusetra, Nusa Dua, Kabupaten Badung
Provinsi Bali


Keharmonisan antar ummat beragama di Bali terkenal sangat baik, komplek tempat masjid ini berada salah satu bukti yang terlihat nyata bagaimana rumah rumah ibadah berbagai pemeluk agama dibangun di dalam satu komplek.

Hanya di komplek Puja Mandala Nusa Dua ini kita dapat mendengar azan, disaat yang lain akan terdengar suara lonceng gereja dan kidung dari Pura yang berdiri masing masing berdekatan. Masjid Agung Ibnu Batutah diresmikan pada tanggal 20 Desember 1997.

Pemandangan di masjid ini sangat indah karena lokasi nya terletak di bukit yang cukup tinggi. bila kita berdiri dan melihat ke sebelah barat laut masjid kita akan melihat Kuta dan Bandara Ngurah Rai samar-samar di kejauhan.
  
Lantai dua Masjid Agung Ibnu Batutah.
Bangunan masjid yang begitu besar dibangun dua lantai dan beratap limas. Ruang sholat utama berada di lantai dua, ruangan sholat yang cukup besar dan terasa lapang karena tidak ada tiang tiang masjid yang berdiri ditengah ruangan, sedangkaan lantai dasarnya digunakan sebagai area pendukung aktivitas masjid ini,

Meski besar dan megah, masjid ini tampil dalam kesederhanaan yang ditampilkan lantai berwarna abu-abu berpadu dinding depan yang dilapisi keramik abu-abu tua, sangat kontras dengan bagian dalam kubah yang menampilkan gambar langit biru cerah.

Bagian mihrab masjid pun terkesan minimalis namun tetap anggun. Dominasi warna cokelat muda khas kayu dengan satu ornamen bulat bertuliskan lafaz Allah dan mimbar beraksen kayu senada dengan latar belakang mihrab.

Referensi


------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga

No comments:

Post a Comment