Saturday, April 13, 2019

Masjid Agung Nur Alannur Mandailing Natal

Berdiri megah di tepian sungai aek godang.

Masjid Agung Nur Alnnur merupakan masjid agung bagi Kabupaten Mandailing Natal di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten Mandailing Natal juga sering disebut dengan Madina, Akronim dari MAnDaIling NAtal.

Mandailing Natal sebelumnya merupakan wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, setelah terjadi pemekaran, dibentuklah Kabupaten Mandailing Natal berdasarkan Undang-undang Nomor 12 tahun 1998, secara formal diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 9 Maret 1999.

Masjid Agung Nur Alannur
Jl. Trans Sumatera Bukit Tinggi - Padang Sidempuan
Kelurahan Dalan Lidang Panyabungan



Selain bangunannya yang megah, masjid Agung kabupaten Mandailing Natal ini juga menjadi vocal point di tempatnya berdiri, lokasinya berdekatan dengan sungai dan bendungan Batang Gadis Aek Godang, sehingga menambah keindahan pemandangan alami di lokasi tersebut.

Masjid kebanggaan warga Madina ini diresmikan oleh Bupati Madina H Amru Daulay,SH. Pada tanggal 30 Agustus 2010. Bangunan masjid agung modern ini berdiri diatas lahan seluas 21,197m2 dan bangunan seluruh lantai seluas 4,172m2. Upacara peresmian masjid ini turut dihadiri Alim Ulama cerdik Pandai, dari pesantren mustopa wiyah purba baru, SKPD Kabupaten Mandailing Natal dan masyarakat setempat.  

Puncak atap dan menara Masjid Agung Nur Alannur.
Peresmian masjid yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci romadhon tersebut dilaksanakan setelah pelaksaan sholat tarawih berjamaah. Setelah selesai sholat Tarawih Bupati menandatangani Prasasti peresmian, dan secara simbolis membuka selubung papan nama Masjid Agung Nur Alannur.

Pembangunan masjid Agung Nur Alannur ini didanai APBD Madina secara multi year sejak tahun 2008 dan sampai dengan tahun 2012 seluruh jumlah total pembangunan Mesjid Nur Alannur ini mencapai Rp 56,678,049,000.

Referensi


------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga



No comments:

Post a Comment