Wednesday, October 24, 2012

Luruskan Informasi Soal Islam, Muslim Kanada Gelar Kuliah Terbuka



Melihat ketidakseimbangan informasi tentang Islam, Muslim Kanada menggelar kuliah terbuka di Masjid Charlottetown, Prince Edward.

Melalui kuliah ini, masyarakat Kanada diharapkan mengetahui mana informasi yang benar dan salah tentang Islam.

Juru bicara Masyarakat Muslim Prince Edward Islam (PEI), Zain Esseghaier, mengatakan kuliah terbuka ini merupakan bagian dari dialog yang menjangkau umat agama dan budaya berbeda.

"Kami menginginkan bisa berbagi informasi tentang Islam dan Muslim secara terbuka," kata dia seperti dikutip cbc.ca, Senin (15/10).

Menurut Esseghaier, masyarakat Kanada takut dengan apa yang mereka tidak ketahui. Sebabnya, memberikan informasi yang menambah pemahaman itu akan membuat situasi dan kondisi menjadi lebih baik. "Kita coba mengajak masyarakat Kanda untuk saling terbuka dan objektif dalam menjangkau satu sama lain," kata dia.

Dalam kuliah terbuka itu, Muslim AS mengundang profesor emeritus, Universitas Halifax St. Mary, Jamal Badawi. Jamal akan berbicara kesalapahaman tentang Islam dan Muslim dihadapan 100 tamu yang diundang.

"Yang dibutuhkan kita saat ini adalah berbagi informasi tentang Islam guna melawan apa yang disebut kesalahpahaman," kata dia.

Selama ini, kata dia, kurangnya pemahaman berikut keterbukaan dan objektifitas membuat mereka menjadi takut lantaran tidak mengerti apa yang mereka ketahui.

Belakangan Muslim Kanada dikejutkan dengan aksi provokasi yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Pekan lalu, sebuah botol bertuliskan 'Kekalahan Jihad' ditemukan di tangga depan Masjid Dar As-Salam.  Berikutnya, sebuah kepala babi diletakan di sebuah masjid di Port Coquitlam, British of Columbia.

Source : Republika

klik untuk berkunjung ke situs masjid Charlottetown