Tuesday, October 30, 2012

Kini India Memiliki Masjid Kaca Pertama

Masjid Madina, Masjid Kaca Pertama dan Satu satunya di India
Sebuah masjid dari kaca dibangun di kota Shillong, ibukota negara bagian Meghalaya, India. Masjid bewarna biru ini dibangun menggunakan material kaca sebagai bahan bangunan utama membuatnya begitu antik, unik, dan bukan masjid biasa dan tentu saja menjadi daya pikat wisata baru di salah satu negara bagian dengan luas terkecil di India ini.

Masjid Kaca pertama dan satu satunya di India ini diberi nama Masjid Madina. Diresmikan dan dibuka beberapa hari lalu oleh Menteri negara untuk urusan minoritas di negara bagian Meghalaya, Vincent H Pala. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa masjid ini merupakan symbol persatuan antara pemeluk agama disana.

Negara bagian Meghalaya - India
Masjid Madina dibangun empat lantai setinggi 120 kaki dan lebar 61 kaki. Memberikan pemandangan yang teramat menarik dan tiada duanya di kawasan tersebut. Masjid ini menyediakan tempat khusus untuk jemaah wanita serta disediakan tempat tinggal bagi yatim piatu. Sekaligus menjadi masjid terbesar di negara bagian tersebut.

Meski India merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar ke tiga di dunia setelah Indonesia dan Pakistan namun di Negara Bagian Meghalaya ini, muslim merupakan minoritas. Merujuk kepada Wikipedia dari total penduduk negara bagian Meghalaya sebesar 2,175,000 jiwa, hanya sekitar 4% saja dari jumlah itu yang beragama Islam.

Seiring dengan fakta bahwa India tak pernah henti did era oleh pertikaian etnis dan agama, wajar bila kemudian menteri negara Meghalaya, Vincent H Pala mengatakan bahwa masjid kaca di Shillong ini sebagai symbol persatuan ummat beragama disana.***

Baca juga