Wednesday, October 31, 2012

Akankah Makam Rosulullah Digusur ?

Masjid Nabawi empat tahun mendatang (duhur.com)

Pemerintah Saudi Arabia dalam waktu dekat, segera setelah musim haji tahun ini selesai akan melaksanakan proyek perluasan Masjid Nabawi di Madinah. Proyek pembangunan ini diperkirakan akan menghancurkan tiga masjid tertua di dunia yang berdekatan dengan Masjid Nabawi, proyek ini juga akan menyentuh Makam Bagida Rosulullah S.A.W dan dua Sahabat Beliau yakni Abu Bakar r.a, dan Umar Bin khattab r.a, sebagaimana dilansir oleh arabianbusiness.com.

Proses pembangunan perluasan Masjid Nabawi di Madinah ini akan mulai dijalankan bulan depan. Pembangunan ini dalam rangka memperluas Masjid Nabawi hingga dapat menampung Masjid Nabawi hingga mencapai kapasitas 1,6 (satu koma enam) juta jemaah sekaligus. area perluasan dilakukan pada sisi barat bangunan Masjid Nabawi saat ini, tempat bermakamnya Rosulullah bersama dua sahabat Beliau Abu Bakar dan Umar.

Di kawasan yang akan segera dibangun tersebut saat ini terdapat tiga Masjid tua bersejarah masing masing didedikasikan kepada Sahabat Abu Bakar dan Umar Bin Khattab serta Masjid Ghamama yang dibangun di tempat dimana dulu Rosulullah menyelenggarakan sholat hari raya untuk pertama kalinya. Dan sejauh ini belum ada rencana dari pemerintah setempat untuk melestarikan tiga masjid tua tersebut yang sudah eksis disana sejak abad ke-7.


Pemerintah Saudi Arabia selama ini memang sudah menghabiskan dana milyaran dolar dalam rangka membangun kota Mekah untuk menyambut jemaah yang datang ke kota suci tersebut. Lebih dari 10 juta jemaah datang ke kota ini setiap tahun. Untuk jemaah haji tahun ini saja mencapai 4 juta jemaah.

Berita rencana penggusuran ini bukanlah hal yang pertama dilakukan oleh pemerintah Saudi di Kota Mekah dan Madinah dalam rangka pengembangan dua kota tersebut. Sebelumnya, pemerintah setempat telah meruntuhkan benteng Aiyad yang dibangun semasa emperium Usmaniah berikut bukit tempatnya berdiri untuk membangun komplek mewah Jabal Umar, merombak kawasan tempat kelahiran Nabi Muhammad serta kediaman Khadijah, Istri Beliau. Rumah tempat kelahiran Nabi di kota Mekah, kini berubah menjadi sebuah Perpustakaan, sedangkan kediaman Khadijah, Istri Nabi, kini di ubah menjadi seretan bangunan WC umum.

Sebuah Institut Timur Tengah yang berkedudukan di Washington memperkirakan 95% bangunan bangunan berusia 1000 tahun di kota Mekah dan Madinah telah dihancurkan oleh pemerintah Saudi dalam kurun waktu 20 tahun terahir ini.***