Wednesday, June 5, 2013

Potret Kerukunan Beragama di Berbagai Belahan Bumi

Di berbagai negara, bangunan tempa ibadah dibangun bersebelahan atau berdekatan sebagai simbol dari kerukunan antar pemeluk beragama di negara bersangkutan.
Assalamualaikum

Damai itu indah, rukun itu nyaman dan tentram. Sudah Sunatullah manusia di bumi ada beragam macam keyakinan dan agama, suku bangsa, ras, warna kulit, dan sebagainya. Namun perbedaan bukan diciptakan untuk saling bermusuhan tapi justru agar saling mengenal satu sama lainnya. Beberapa potret berikut ini saya petikan untuk anda sekedar menambah wawasan wujud kerukunan hidup beragama di berbagai belahan bumi.

Anda bebas berkomentar dengan santun dan hindari komentar apapun yang berbau SARA.

Bosnia &Herzegovina

Masjid dan Gereja Katholik dan Protestan di satu ruas jalan yang sama di Bosnia
Selembar foto menarik tentang satu pemandangan di salah satu Masjid di Bosnia and Herzegovina. Tepatnya di kota Bosanska Krupa, timur laut Bosnia. Di ruas jalan yang sama terdapat tiga tempat ibadah sekaligus. Dalam foto di atas berturut turut dari kiri ke kanan adalah Gereja Katholik Romawi, jauh di belakang adalah Masjid bagi ummat islam dan paling kanan adalah gereja Ortodox Rusia.

Bosnia & Herzegovina merupakan salah satu negara berpenduduk mayoritas muslim di Semenanjung Balkan, Eropa. Paska tragedi pembasmian etnis muslim oleh etnis Serbia di penghujung tahun 1990-an, negara ini kini tumbuh pesat di berbagai bidang. Indonesia turut meninggalkan jejak di negara ini dengan membangun Masjid Istiklal Indonesia atau tekadang disebut sebagai Masjid Suharto atau Masjid Indonesia di Ibukota Bosnia, Sarajevo.

Lebanon

Seperti di Tahrir Square di Mesir, Pelataran luas di depan masjid di kota Beirut ini sempat menjadi pusat konsentrasi massa demonstran di Lebanon. Bangunan Masjid megah yang dibangun bersebelahan dengan sebuah gereja yang sama sama besar.
Pemandangan serupa juga terlihat di sudut kota Beirut, Lebanon. Disana sebuah gereja saling bersisian dengan sebuah bangunan masjid megah. Dua bangunan tempat ibadah dua agama yang berbeda ini dibangun benar benar berdempetan satu sama lain dengan ukuran yang sama sama besar.

Meski negara Arab satu ini tak pernah sepi dari pertikaian namun kehidupan toleransi beragama di negara tersebut cukup berjalan meski pertikaian antara Suni di utara yang menguasai pemerintahan dan Syiah di Selatan dengan Hisbullahnya tak pernah mengendur dan mengundang perhatian Internasional mengirimkan pasukan perdamaian termasuk Kontiingen Pasukan Garuda dari Indonesia.

Suriname

Bangunan Sinagoga Yahudi dan Masjid Umat Islam berada di dalam lingkungan yang sama di kota Paramaribo - Suriname di belahan benua Amerika Selatan.
Di negeri perantauan muslim Jawa jaman penjajahan Belanda di belahan selatan benua Amerika, tepatnya di kota Paramaribo, ibukota Suriname. Berdiri sebuah masjid yang berbagi lahan dengan sebuah synagog Yahudi. Pemandangan yang tak terbayangkan akan terjadi di wilayah pendudukan Israel, bukan ?.

Islam di Suriname turut diperkenalkan oleh muslim dari Indonesia yang dibawa kesana oleh penjajah Belanda selama menjajah Indonesia. Warga keturunan Indonesia disana di angkut dari pulau Jawa untuk dijadikan pekerja perkebunan. Hingga hari ini keturunan mereka masih mempertahankan budaya Jawa meski sudah berlalu beberapa generasi.

Nigeria

Ketika pemerintah Nigeria memutuskan memindahkan ibukota pemerintahan mereka dari kota Lagos ke Kota Abuja, pemerintah negara ini membangun Masjid Nasional Abuja bagi 50% penduduk mereka yang beragama Islam serta sebuah Katedral berseberangan yang saling berhadap hadapan di satu ruas jalan yang sama di pusat pemerintahan negara tersebut. Bisa jadi ide ini lahir dari Jakarta.
Di benua Afrika di kota Abuja, Ibukotanya Republik Nigeria. Masjid Nasional Abuja berdiri begitu megah dengan empat menara tingginya sengaja dibangun berhadap hadapan dengan Katedral nasional Nigeria. Kawasan tempat masjid dan gereja ini merupakan kawasan pusat pemerintahan Nigeria yang baru di kota Abuja setelah dipindahkan dari Lagos.  

Islam di Nigeria merupakan agama mayoritas. Merujuk kepada situs world fact book komposisi keber-agama-an di Nigeria terdiri dari Muslim 50%, Kristen 40%, kepercayaan tradisonal lama sekitar 10%. Muslim di Nigeria merupakan muslim Suni bermazhab Maliki. Muslim Syiah juga eksis di Nigeria, mereka merupakan minoritas di Nigeria dan sebagian besar menetap di negara bagian Sekoto.

Hongkong

Masjid Ammar & Osman Ramju Sidiq Islamic Center Hongkong, berdiri bersebelahan dengan salah satu Gereja Katholik Hongkong.
Salah satu masjid yang sangat terkenal di Hongkong adalah masjid Ammar and Osman Ramju Sidiq Islamic Centre, yang berada di 40 Oi Kwan Road, Wanchai. Masjid yang diresmikan pada tanggal 14 September 1981 ini berdiri gagah berdampingan dengan salah satu gereja Katolik di Hong Kong, menjadi lambang keharmonisan umat beragama di Hong Kong.

Bangunan Memiliki 8 lantai yang memiliki beragam fungsi. Salah satunya sebagai Islamic Centre dan kantor bagi Hongkong Islamic Union of Hongkong. Bila hari minggu dan libur nasional, Masjid Ammar Wanchai demikian orang sering menyebut, akan di penuhi oleh para jemaah Indonesia maupun dari Filipina.

Pada ruang shalat wanita rutin digunakan untuk kegiatan keagamaan Organisasi Halaqah dari Senin hingga Minggu. Sedangkan untuk lantai 6 atau ruang seminar, disewakan untuk umum yang dimanfaatkan untuk seminar, training maupun pengajian  baik training keagamaan maupun training motivasi. Tempat ini kerap menjadi saksi para mua’alaf  yang  mengikrarkan Islam.

Indonesia

Pastinya sudah sangat hafal dengan pemandangan ini kan ?. Yups, ini Jakarta tercinta. Masjid Nasional Istiqlal dan Gereja Katedral dibangun semasa Bung Karno sebagai simbol kerukunan beragama di tanah air, Indonesia.
Bagaimana di Indonesia ?. tak usah kecil hati. Masjid Istiqlal yang merupakan masjid nasional kebanggaan kita itu dibangun berseberangan dengan Gereja Katedral. Pembangunan keduanya memang direncanakan seperti itu oleh bapak pendiri negara kita waktu itu. Ada banyak foto fotonya di dunia maya saya cuplikan untuk anda salah satu fotonya.

Di tanah air kita ini, tidak hanya Istiqlal dan Katedral yang hadir bersama sama di satu area tapi masih ada se-abrek hal serupa di seluruh penjuru tanah air. Insya Alloh, kita ulas di posting berikutnya ya.

Wassalamualaikum