Sunday, June 2, 2013

Masjid Dari Es Pertama di Dunia dibangun di Swedia

Masjid yang akan dibangun terhubung dengan ruangan gereja ini
Sebuah masjid yang terbuat dari es segera akan hadir di ICE HOTEL, Jukkasjarvi, di bagian utara negara Swedia. Rencanya masjid tersebut akan terhubung dengan bangunan gereja yang sudah lebih dulu dibangun disana dan menjadi banguan masjid pertama di dunia yang terbuat dari Es.

CEO dari ICE HOTEL, Yngve Bergqvist, mengatakan bahwa rencana pembangunan masjid Es tersebut merupakan perwujudan dari kebebasan beragama di kota Jukkasjarvi.

Yngve Bergqvist  menambahkan “Tempat ibadah ini akan menjadi hal yang teramat menarik bagi para tamu untuk datang melihatnya, bahkan sudah ada 150 calon pasangan pengantin yang sudah berencana untuk melaksanakan pernikahan mereka di tempat tersebut”

Dia juga menegaskan bahwa pembangunan masjid Es tersebut tidak semata mata untuk tujuan komersial tapi merupakan bentuk upaya mereka untuk memberikan informasi tentang Islam.

“kami berfikir bahwa, tamu kami datang dari berbagai negara dan kami berpendapat sangat menarik untuk membangun sebuah masjid setelah sebelumnya kami telah membangun sebuah gereja” tambahnya lagi.

Imam Mahmoud dari Masjid Aldebe dan juga ketua dari Swedish Muslim Association, berharap bahwa pembangunan masjid tersebut akan memberikan dampak positif guna memberikan pemahaman yang benar tentan Islam, mengingat pengetahuan masyarakat disana sangat minim tentang Islam.

Beliau menambahkan bahwa ide tersebut sama sekali tidak controversial meskipun lokasinya berdempetan dengan Gereja. Hal tersebut justru memberikan peluang yang lebih baik bagi terjalinnya dialog antara komunitas muslim disana dengan masyarakat luas. Dan bisa jadi pendeta di gereja yang berbagi lahan dengan masjid ini juga dapat memberikan penjelasan tentang Masjid dan Islam kepada siapa saja yang datang kesana.