Sunday, October 16, 2016

Masjid Al-Mujahidin Puncak Jaya Papua

Masjid Al-Mujahidin Puncak Jaya sedang direnovasi

Masjid Al-Mujahidin merupakan satu satunya masjid yang ada di didistrik Mulia Ibukota Kabupaten Puncak Jaya provinsi Papua. Masjid ini berada di dalam komplek Markas Komando Resor Militer 171/PVT dan menjadi tumpuan ummat Islam yang tinggal di Distrik Mulia kabupaten Puncak Jaya. Pada bulan Mei 2015 yang lalu Masjid Al-Mujahidin ini direnovasi oleh Prajurit Korem 171/PVT dan para pengurus Masjid Al-Mujahidin yang dipimpin oleh Perwira Rohani Islam Bintal Korem 171/PVT Letnan Dua Inf Suyono.

Beberapa pejabat pemerintah pusat dan daerah yang berkunjung ke Puncak Jaya menyempatan singgah ke Masjid ini, tercatat Menteri Sosial J. Dra.Khofifah Indar Parawangsa beserta rombongan menyempatkan singgah ke masjid ini dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke kabupaten Puncak Jaya pada tanggal 20 Agustus 2015 yang lalu. Kedatangan beliau dan rombongan disambut langsung oleh bupati puncak jaya, Henok ibo berserta ibu, kapolres Puncak jaya, AKBP Marselis S Karrong beserta ibu dan juga Dandim 1714/PJ Letkol Infantri Bayu serta seluruh anggota polri maupun TNI yang berjaga-jaga dan masyarakat kabupaten puncak jaya yang berada di Kota mulia kabupaten puncak jaya papua.


Begitu juga dengan pejabat militer, Panglim Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII Cendrawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian yang berkunjung ke Masjid ini dalam rangkaian kunjungannya ke Puncak Jaya pada 7 Juli 2016. Dalam kunjungan tersebut beliau sengaja menyambangi prajurit TNI dan Polri yang bertugas di Puncak Jaya. Kedatangan beliau ke Puncak Jaya bersama dengan Asisten Operasional, Kolonel Inf Rudy Runtuwene dan jajarannya disambut oleh Bupati Puncak Jaya Henock Ibo dan Dandim 1714/PJ Letkol Inf Hindratno Devidanto. Rombongan melakukan peninjauan perumahan kodim di Mulia, Puncak Jaya juga memeriksa kesiapan prajurit Satgas Pamrahwan di lapangan serta menyampaikan ucapan Idul Fitri bagi prajuirt yang merayakannya.

Sebagai satu satunya masjid di distrik Mulia, masjid ini secara otomatis menjadi pusat semua aktivitas ke-islaman di Ibukota Kabupaten Puncak Jaya, aktivitas peringatan hari hari besar Islam seperti peringatan Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi hingga pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan idul Adha. Dalam pelaksanaan Ibadah sholat Idul Fitri dan Idul Adha, proses pengamanan tetap dijalankan dengan menugaskan anggota satuan Polri dan TNI tidak beragama Islam untuk memberikan kesempatan kepada anggota satuan yang beragama Islam untuk menunaikan sholat Idul Fitri dan idul Adha sekaligus sebagai bentuk toleransi sesama warga bangsa.

--------------

Baca Juga