Sunday, October 23, 2016

Masjid Agung Baiturrahman Biak Numfor Papua

Masjid Agung Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua

Masjid Agung Baiturrahman adalah masjid agung yang berada di kabupaten Biak Numfor provinsi Papua. Masjid yang cukup besar untuk menampung hingga 2000 jemaah. Bangunan masjid ini sempat mengalami kerusakan parah hingga roboh akibat gempa bumi tektonik 17 Februari 1996 dan kemudian dibangun kembali. Sampai tahun 2009 pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor sudah mengucurkan dana hingga Rp. 1 Milyar lebih yang diserahkan ke Panitia pembangunan Masjid tersebut.

Alamat Masjid Agung Baituirrahman  
Jl. A. Yani, Mandala, Biak Kota
Biak Numfor, Papua 98111

Masjid Agung Baiturrahman terletak jalan poros menuju bandara, dan ada di pusat kota Biak, sehingga dengan kondisi ini letak masjid baiturrahman angat strategis, dan mrupakan salah satu ikon kota biak, berdiri di atas lahan seluas 10.000 meter persegi dengan luas bangunan 3000 meter persegi, mulai dibangun tahun 1979.


gmaps masjid agung baiturrahman


Dalam upaya penggalangan dana pembangunan masjid, di tahun 2009 silam pengurus masjid ini menyelenggarakan acara tablikh akbar dengan mengundang uztadz kondang Arifin Ilham, dalam kesempatan tersebut Pemkab Biak diwakili oleh Wakil Bupati Alimuddin Sabe menyerahkan dana bantuan kepada panitia pembangunan masjid ini sebesar Rp. 200 juta yang bersumber dari APBD tahun 2009. Program bantuan sarana keagamaan setiap tahun dianggarkan pemerintah kabupaten sebagai wujud perhatian dalam mendukung penyelesaian bangunan rumah ibadah. Sebelumnya Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen S.Sos,MM, Senin, menyerahkan bantuan dana sebesar Rp10 juta untuk membantu penyelesaian pembangunan Masjid Agung Baiturrahman.

Pawai Tarhib Ramadhan

Menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun 1437H Kodim 1708/BN Bersama Masyarakat dan Para Santri Ikuti Kegiatan Pawai Tartib Ramadhan 1437 H. Komandan Kodim 1708/BN letkol Inf Gandung Eko Prabowo S.IP menghadiri Pawai Tarhib Ramadhan 1437 H TA. 2016 yang dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Baiturrahman Biak. Pawai Tahrib Ramadhan 1437 H  ini diikuti -+ 700 peserta dari TPA-TPQ, SD, SMA, Perguruan Tinggi, Majelis Taklim, Ormas Islam dan TNI-Polri.

Turut hadir dalam kegiatan Pawai Tarhib Ramadhan 1437 H TA. 2016 Asisten III Setda Kab. Binum Bpk. Abdul Kahar. SE, Kapolres Binum AKBP. Hadi Wahyudi. SIK, Ketua Yayasan Amal Insani Kab. Binum Bpk. Sumardi. SSt, Ketua PHBI Kab. Binum Bpk. Andi Firman Madjadi. SE,Danki Brimob Den C Biak Akp. Soeparmanto. SH. Kegiatan Pawai Tarhib Ramadhan 1437 H TA. 2016,berjalan tertib,aman dan lancar.

Menara masjid Agung Kabupaten Biak Numfor

Sediakan Takjil Gratis

Seperti masjid masjid agung lainnya di tanah air, Masjid Agung Baiturahman Kabupaten Biak Numfor, juga menyediakan aneka takjil makanan dan minuman untuk berbuka puasa secara gratis selama bulan Ramadhan. Setiap tahun selama kegiatan puasa Ramadhan pengurus masjid bersama menyiapkan aneka kue dan minuman untuk berbuka puasa bagi warga Muslim di Biak dan sekitarnya. Menu takjil berbuka puasa merupakan sumbangan dari jamaah masjid untuk disajikan setiap sore menjelang buka puasa.

Sebagai masjid Agung Kabupaten Masjid Agung Baiturrahman ini menjadi pusat aktivitas ke-Islaman di Kabupaten Biak Numfor, seperti peringatan hari hari besar Islam dan pelaksanaaan perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Biak Numfor, yang berlangsung 22-25 April 2016 dan dibuka langsung oleh Bupati Thomas Ondy.

Masjid Agung Baiturrahman Biak Numfor ini juga sudah memiliki perpustakaan masjid yang dikelola oleh remaja masjid. Beragam buku ke-Islaman disediakan di perpustakaan masjid ini bagi para jemaah.

-----------------------

Baca Juga