Saturday, September 3, 2016

Masjid Agung Kabanjahe Kabupaten Karo

Masjid Agung Kabanjahe, kabupten Karo, Sumatera Utara

Kabanjahe adalah ibukota dari Kabupaten Karo di provinsi Sumatera Utara. Lokasinya berada di ketinggian dataran tinggi Karo, di kawasan Bukit Barisan. Kota ini berjarak lebih kurang 77 km dari kota medan, Ibukota Provinsi Sumatera Utara. Kabanjahe dan Kabupaten Karo yang berada di ketinggian antara 600 hingga 1400 mdpl, di anugerahi landscape alam pegunungan yang menawan dengan udara yang sejuk berkisar antara 16 sampai 17° C.

Di dataran tinggi Karo berciri khas daerah buah dan sayur. Di daerah ini juga bisa kita nikmati keindahan Gunung berapi Sibayak yang masih aktif dan berlokasi di atas ketinggian 2.172 meter dari permukaan laut. Arti kata Sibayak adalah Raja. Berarti Gunung Sibayak adalah Gunung Raja menurut pengertian nenek moyang suku Karo. Kabupaten Karo saat ini di zaman dahulu merupakan bagian dari Kerajaan Aru.

Masjid Agung Kabanjahe

Masjid ini berdiri megah di tengah kota Kabanjahe. Masjid agung Kabanjahe terletak di persimpangan jalan ke Medan, Sidikalang, Pematang Siantar dan Kutacane (propinsi aceh), sehingga tempatnya sangat strategis. Masjid Agung Kabanjahe merupakan masjid terbesar di Kabanjahe. Letaknya di lokasi yang mayoritas warganya non muslim, maka masjid ini menjadi obat dahaga warga muslim yang membutuhkan tempat untuk menjalankan ibadahnya.

Alamat Masjid Agung Kabanjahe
Jl. Meriam Ginting, Kabanjahe, Kabupaten Karo
Sumatera Utara - Indonesia



Presiden SBY Berkunjung ke Masjid Agung Kabanjahe

Di tahun 2014 Masjid Agung Kabanjahe menjadi salah satu tempat pengungsian warga terdampak erupsi Gunungapi Sinabung. Kamis, 23 Januari 2014 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Bersama Ibu Ani Yudhoyono Melakukan Kunjungan Ke Masjid Agung Kota Kabanjahe Untuk Bertemu Dengan Para Ulama Setempat dan menanyakan kondisi para pengungsi pasca erupsi Gunung Sinabung, Sekaligus meresmikan selesainya Masjid yang awalnya bernama Masjid Raya yang sebelumnya direnovasi dan menelan biaya Rp. 2,8 milyar Rupiah.

Kedatangan Presiden SBY ke masjid Agung Kabanjahe atas usulan pihak Ketua Panitia Pembangunan sekaligus Ketua Badan Kemakmuran Masjid ini, H Mulia Purba, melalui Menteri Kehutanan Dr MS Kaban,MSi.