Saturday, September 24, 2016

Mesjid Raya Husnul Khatimah Kotabaru Kalimantan Selatan

Masjid Raya Husnul Khatimah

Masjid Raya Husnul Khatimah merupakan masjid raya di kabupaten Kotabaru, provinsi Kalimantan Tengah. Masjid dengan arsitektur masjid Nusantara beratap limas ini pertama kali dibangun dimasa Kotabaru dipimpin oleh H.M.R Husein selaku Bupati Kotabaru ke 9 yang menjabat pada periode 1985-1990. Sebagai masjid Raya Kabupaten Masjid Husnul Khatimah menjadi pusat aktivitas ke Islaman di Kabupaten Kotabaru, termasuk juga untuk aktivitas pelepasan dan penyambutan Jemaah Haji yang berasal dari Kabupaten Kota Baru.

Masjid Raya Husnul Khotimah
JL. Suryagandamana, Kelurahan Sebatung
Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kota Baru
Kalimantan Selatan 72111



Masjid Raya Husnul Khatimah ini dibangun dengan arsitektural sangat Indonesia, berupa bangunan Masjid beratap limas bersusun tiga. Struktur atapnya di topang dengan empat sokoguru yang berdiri ditengah tengah ruang utama masjid. Tidak hanya itu saja, bagian interior masjid ini juga di dominasi dengan bahan dari kayu termasuk tiang dan plaforn nya, menghadirkan nuansa yang sangat Indonesia di dalam masjid ini, susana yang tidak akan kita temukan di masjid masjid moderen. 

Saat ini, dibawah kepemimpinan Bupati H.Sayed Jafar,SH dan Wakil Bupati Ir.Burhanuddin, Masjid Raya Husnul Khatimah ini rencananya akan dibangun lebih besar, lebih bagus dan lebih indah dengan desain yang modern. Sebagaimana disampaikan oleh Bupati Sholat Isya berjamah di Masjid Raya Husnul Khatimah, Sabtu 21 Mei 2016. Sebuah panitia dari Institut 10 Nopember Surabaya dilibatkan dalam pembuatan Sketsa Proposal awal dalam pembangunan Masjid Raya Husnul Khatimah ini.

Interior Masjid Raya Husnul Khatimah

Aktivitas remaja masjid, Masjid Agung Husnul Khatimah ini diwadahi oleh organisasi yang disebut Pemuda Remaja Islam Masjid Agung Husnul Khatimah disingkat menjadi PRIMA HUSNUL KHATIMAH, yang di prakarsai oleh bapak MUKARRAM sebagai pelopor / penggagas Prima Husnul Khatimah ini Prima lahir pada tahun 1987.

Prima Husnul Khatimah sudah beberapa kali mengadakan kegiatan yang bersiafat sosial pada umumnya dan keagamaa khususnya. Aktivitas Remaja Masjid ini cukup aktif, salah satunya turut aktif di dunia maya dengan mempublikasikan aktivitas mereka di sebuah blog khusus di internet di alamat primaktb.wordpress.com. ***

-----------------

Baca Juga