Monday, September 12, 2016

Masjid Agung Al-Falah Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Masjid Agung Al-Falah Tanah Bumbu

Tanah Bumbu adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan. Kabupaten Tanah Bumbu beribukota di Batu Licin, dikenal dengan slogannya “Kabupaten Bumi Bersujud”. Masjid Agung Al-Falah merupakan masjid agung bagi kabupaten Tanah Bumbu yang dibangun di Batu Licin. Masjid megah ini diresmikan oleh ketua Mahkamah Agung RI. Dr, H.M. Hatta Ali SH pada hari Jum’at 18 Maret 2016 yang lalu.

Peresmian diawali dengan sambutan dari Ketua Mahkamah Agung, kemudian penandatanganan prasasti yang juga dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor S.Sos MH, setelah itu pemotongan pita dilanjutkan dengan shalat jum’at berjamaah bersama masyarakat Tanah Bumbu.


Masjid Agung Al-Falah dibangun sejak bulan April 2014 silam mengadopsi gaya arsitektur Timur Tengah dengan menggabungkan beberapa unsur daerah Kalimantan Selatan di interiornya. Didirikan di atas tanah seluas 1,6 Ha di Jalan Kodeco Km.2,5 Batu Licin, mampu menampung ribuan jamaah dengan kapasitas parkir untuk roda empat sekitar 100 unit sementara untuk kendaraan roda dua 150 unit. Kawasan parkir ditata secara terpisah antara motor dan mobil, agar memperlancar akses keluar masuk kendaraan .

Pembangunan Masjid Jami Al-Falah

Pembangunan Masjid Jami’ Al-Falah Batulicin yang diprakarsai oleh Jhonlin Group, ground breakingnya dilaksanakan pada tanggal 11 April 2014 oleh oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr. H.M Hatta Ali SH. MH, tepat setelah Ketua MA R.I menanda tangani prasasti dan meresmikan rumah jabatan Pengadilan Negeri Batulicin yang digelar oleh Pemda Kabupaten Tanah Bumbu tanggal 11 April 2014. Setelah mengalami penundaan pembangunan selama 2 tahun, Masjid Jami’ Al-Falah akhirnya didirikan di atas tanah seluas lebih kurang 1,6 Ha.


Dengan mengadopsi gaya arsitektur masjid-masjid yang ada di Turki dengan menggabungkan beberapa unsur daerah Kalimantan Selatan di interior Masjid Jami’ Al-Falah. Untuk dinding dalam dan bagian luar menggunakan granit. Dalam membangun Masjid Jami’ Al-Falah, Jhonlin Group bekerja sama dengan konsultan PT. Graha Cipta Adi Prana dan kontraktor pelaksananya PT. Grici Mas dari Jakarta.

Pembangunan Masjid Agung Al-Falah ini merupakan salah satu bentuk nyata keterlibatan pihak swasta turut aktif dalam pembangunan daerah tempat perusahaan beroperasi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan bentuk tanggung jawab social perusahaan terhadap masyarakat di sekitara perusahaan.***

---------------

Baca Juga