Sunday, August 6, 2017

Masjid Kota Madinah Al Mubarokah Sampit

Patung ikan Jelawat di taman Jelawat di tepian sungai Mentaya kota Sampit dengan latar belakang Masjid Madinah Al-Mubarokah atau biasa disebut Masjidkota. (pict from IG @kota_sampit)

Tempat keren satu ini adalah Patung Ikan Jelawat yang merupakan aikon kota Sampit ibukota kabupaten Kotawaringin Timur provinsi Kalimantan Tengah. lokasinya berada di tepian sungai Mentaya di pusat keramaian kota Sampit. Lokasi yang nyaman untuk hang out, ditambah lagi dekat dengan masjid yang kelihatan di latar belakangnya itu.
.
Masjid di dekat patung ikan jelawat ini aslinya bernama Masjid Al-Madinatul Mubarokah sebagaimana tertulis dalam aksara arab di tembok depan masjid ini. Namun lebih dikenal masyarakat luas dengan sebutan “Masjid Pelabuhan” karena memang dekat dengan pelabuhan atau “Masjid Kota” karena letaknya yang ditengah kota atau “Masjid Pasar” juga karena lokasinya yang berada di pasar kota Sampit. Masjid ini diresmikan tahun 2000.

Masjid Al Madinatul Mubarokah
Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru/Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah 74312, Indonesia



Masjid ini memang unik, seperti bangunan ruko yang panjang berlantai tiga, lantai dasarnya merupakan kios kios para pedagang pasar, dan masjid ini berada di lantai atasnya. akses menuju ke masjid ini melalui tangga sisi selatan atau ujung bangunan ruko yang mengarah ke tugu ikan jelawat di taman jelawat.

lokasinya memang sangat strategis dan tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum muslimin yang sedang berada disekitar pusat kota Sampit, baik yang sedang berwisata di taman jelawat ataupun yang sedang belanja di pasar juga bagi yang sedang berada disekitar pelabuhan Sampit.

Tradisi Tajil Romadhon

Seperti masjid masjid besar di Indonesia lainnya, Masjid Kota ini juga menyediakan tajil gratis bagi para Jemaah di masjid ini. Di bulan suci Romadhon masjid ini tak pernah sepi dari Jemaah baik siang dan malam. Aktivitas itu sudah menjadi pemandangan biasa di Masjid Kota saat siang hari di bulan ramadan. Ditambah lagi lokasi masjid yang sangat strategis karena berdekatan dengan Pusat Perbelanjaan Mentaya dan Ikon Patung Jelawat.

Masjid Madinah Al-Mubarokah (Masjid Kota) di Kota Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantang Tengah.

Bubur ayam khas Banjar dengan campuran bumbu spesial yang banyak dicari masyarakat Sampit merupakan menu andalan dan khas dari Masjid Kota di Sampit ini. Di lantai paling atas masjid tersebut pengurus masjid mempersiapkan menu bubur ayam khas Banjar. baik aktivitas memasak hingga menghidangkan menu khas tersebut.

Jumlah bubur ayam yang disediakan di masjid ini mencapai ratusan porsi secara gratis. Selain itu juga ada pelangkap yakni takjil lainnya, seperti kurma dan kue. Untuk minumannya sendiri teh hangat. Minimal seratus porsi yang disediakan pengurus di masjid ini.  Karena bubur tersebut dibuat khusus selama bulan suci Ramadan. Sehingga masyarakat selalu berdatangan untuk memburu bubur tersebut sebagai menu untuk berbuka puasa.***

Referensi

borneopages.blogspot.co.id  - mendadak masjid sampit

Baca Juga