Saturday, August 5, 2017

Islamic Center Koto Baru Solok

Islamic center Kuto Baru Solok (pict from google)

Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Center Koto Baru atau biasa dikenal sebagai Islamic Center Koto Baru, adalah pusat ke-Islaman di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Koto Baru merupakan ibukota dari kabupaten Solok, itu sebabnya Masjid dan Islamic Center ini disebut dengan Islamic Center Koto Baru.

Pembangunan masjid ini dilaksanakan pada masa pemerintahan Bupati Solok Syamsu Rahim dan wakil Bupati Desra Ediwan. Masjid megah ini pertama kali dibangun tahun 1994 dikomplek Kantor Bupati Solok lama, diresmikan oleh Menteri Penerangan Harmoko pada tahun 1994.

Islamic Center Koto Baru
Kecamatan Kubung, Kab. Solok
Sumatera Barat


Ketika Kantor Bupati Solok pindah ke Aro Suka, maka keberadaan masjid sudah di manfaatkan oleh masyarakat setempat untuk kegiatan keagamaan. Masjid ini mengalmi kerusakan parah akibat gempa tahun 2007 dan 2009 silam sehingga tidak layak digunakan.

Setelah dilakukan rehab sedikit kondisinya masih meragukan. Baru kemudian di tahun 2013 Kementerian Agama Mengusulkan ke Bupati Solok agar dilakukan pembangunan Islamic Centre yang baru yang merupakan Ikon Kabupaten Solok yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana LPTQ, PHBI, BASNAS, MUI  yang lengkap termasuk rencana diadakannya mini Makkah

Usulan Kementerian Agama di respon baik oleh Bupati Solok dan di kabulkan oleh DPRD, maka langsung dianggarkan oleh Pemda untuk APBD Tahun 2014. Islamic Center yang dibangun dengan dana APBD ini berdiri dilahan bekas gedung pertemuan Solok Nan Indah, lahan bekas gedung DPRD Kabupaten Solok dan MAsjid Agung Nurul Mukhlisin.

Pembangunan fisik yang dimulai semenjak pertengahan tahun 2014 dikerjakan oleh PT.Nindya Karya dengan sistim kontrak multi year. Selain merobohkan bangunan lama, pembangunan baru ini juga mengorbankan gedung DPRD yang saat itu difungsikan sebagai kantor BPD dan kantor Pustaka Daerah.

Islamic Center Kuto Baru Solok (pict from IG @maizalchaniago )

Setelah hampir delapan bulan pekerjaan fisik, bangunan ini diresmikan pada tanggal 30 Juli 2015, diakhir masa jabatan Syamsu Rahim dan Desra yang jatuh pada 2 Agustus 2015. Ada kesamaan masjid yang sekarang ini dengan masjid sebelumnya yang rusak akibat gempa, yakni pada saat diresmikan keduanya sama-sama fisiknya belum selesai seratus persen. pada saat diresmikan pembangunan masjid ini baru mencapai 60% dari gambar perencanaan.

Sholat Ied Pertama

Lebaran Idul Fitri 1436H / 2015 yang lalu merupakan sholat idul fitri pertama yang diselenggarakan di masjid ini, dan dihadiri oleh Bupati Solok, H. Syamsu Rahim, Wakil Bupati Solok, H. Desra Ediwan, Ketua DPRD Kabupaten Solok,  Hardinalis Kobal, Kabag Kesra, Suharmen.

Sholat Idul Fitri pertama tersebud juga dihadiri oleh anggota DPD RI dari daerah Sumbar, H. Nofi Chandra dan unsur Muspida serta SKPD lainnya serta ribuan umat Islam dari berbagai nagari di kabupaten Solok memadati masjid ini hingga melimpah hingga ke halaman bahkan  berjejer sampai ke tepi jalan raya Solok-Padang.

Islamic Center Koto Baru ini dibangun dengan dana 25 milyar rupiah dari APBD kabupaten Solok tahun 2014, berlantai dua dan akan kembangkan untuk banyak hal. Diantaranya tempat manasik,  pemondokan, lapangan parkir dan taman yang indah dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk memfungsikannya untuk berbagai kegiatan seperti pesantren, belajar tafsir dan juga pesrpustakaan.

Referensi

simaskemenag – masjid nurul mukhlisin