Saturday, August 26, 2017

Masjid Agung Al-Muhsinin kota Solok

Masjid Agung Al-Muhsinin kota Solok (foto akun IG @deddy_haryadi_edward)

Masjid Agung Al-Muhsinin adalah masjid agung di kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Masjid Agung Al-Muhsininin ini juga merupakan masjid terbesar di Kota Solok, lokasinya berada di Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah. Sebagai masjid Agung, masjid ini menjadi tuan rumah kegiatan keagamaan skala regional seperti tabligh akbar dan pertemuan jemaah, khususnya di Kota Solok.

Masjid Agung Al-Muhsinin pertama kali dibangun tahun 1984 dibiayai dari sumbangan Yayasan Bhakti Muslimin dan digunakan pertama kali tahun 1987. Namun bangunan tersebut mengalami rusak berat dan roboh setelah rangkaian gempa bumi pada Maret 2007. Pembangunan kembali dimulai pada tanggal 20 Agustus 2009 saat Kota Solok masih dipimpin Syamsu Rahim.

Masjid Agung Al-Muhsinin Solok
Aro IV Korong, Lubuk Sikarah, Kota Solok
Sumatera Barat 27316 Indonesia



Proses pembangunan memakan waktu 28 bulan dan diresmikan pada tanggal 14 Desember 2011 oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Nasaruddin Umar, bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kota Solok ke-41.

Biaya pembangunan menghabiskan dana Rp36,63 miliar, terdiri dari Rp35,45 miliar dari APBD Kota Solok dan infak yang terhimpun sebesar Rp1,18 miliar. Bangunan utama terdiri dari dua lantai dengan denah dasar ruang berukuran 50 × 50 meter.

Interior Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok.

Dengan ukuran nya yang cukup besar ini, Masjid Agung Al-Muhsinin Solok mampu menampung mampu menampung 5.000 jamaah, dengan rincian untuk ruangan lantai satu sebanyak 2.000 jamaah, lantai dua 1.000 jamaah dan 2.000 jamaah lainnya ditampung dipelataran parkir, menjadikannya sebagai salah satu masjid terbesar di provinsi Sumatera Barat.

Bangunan utama masjid menggunakan kubah tunggal berukuran besar, kubah besar ini dibangun bertumpuk dua menjadikan atap masjid ini seolah olah tetap merupakan masjid dengan atap bersusun seperti halnya masjid tradisional khas Indonesia. Selain kubah utama, ada empat kubah berukuran lebih kecil di ke empat penjuru masjid.

Bangunan utama Masjid Agung Al-Muhsinin kota Solok ini dilengkapi dengan empat menara yang menjulang yang mengapit bangunan utama masjid di ke empat penjurunya masing masing setinggi 40 meter. Rancangan menara ini di dominasi bentuk geometris senada dengan bentuk bentuk geometris pada bangunan utamanya.

Referensi


Baca Juga