Saturday, August 19, 2017

Masjid Besar Al Hasyar Kalijati.

Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati, Kabupaten Subang (foto dari @galihgiffari)

Masjid Al-Hasyar adalah masjid di Alun Alun Kecamatan Kalijati, kabupaten Subang, provinsi Jawa Barat. Masjid ini berdiri di sisi barat alun alun Kalijati, berseberangan dengan Markas Komando Rayon Militer (Koramil) 0503 Kalijati yang berada disisi timur Alun Alun, sementara kantor kecamatan Kalijati berada di sisi selatan alun alun menghadap ke jalan raya.

Merujuk kepada situs Simas Kemenag RI,masjid ini dibangun di atas tanah wakaf di tahun 2000  dan sudah terdaftar di Kemenag dengan nomor ID masjid 01.4.13.13.04.000074. Status masjid ini sebagai masjid besar kecamatan,

Masjid Besar Al-Hasyar
Alun alun kecamatan Kalijati
Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati
Kabupaten Subang, Jawa Barat 41271
Indonesia



Sesuai dengan nama dan statusnya, Masjid Besar Al-Hasyar ini memang masjid terbesar di kecamatan Kalijati dan menjadi pusat aktivitas ke-Islaman tingkat kecamatan Kalijati termasuk acara takbiran di malam Idul Fitri yang dipusatkan di masjid ini serta aktivitas ke-agamaan lainnya.

Ir. Joko Widodo, di masa kampanye pemilihan presiden tahun 2014 sempat singgah ke masjid ini untuk menunaikan sholat zuhur di masjid ini di sela sela acara”blusukan”nya di pasar Kalijati yang memang tidak terlalu jauh dari masjid ini sebagai bagian dari rangkaian acara kampanye capres 2014.

Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati

Alun alun Kaljati tempat masjid ini berada memang tidak terlalu luas, namun tempat ini menjadi titik berkumpul warga Kalijati termasuk dalam setiap acara skala besar termasuk untuk sholat di dua hari raya yang jemaahnya nya meluber hingga ke alun alun karena tidak tertampung seluruhnya di Masjid Besar Al-Hasyar.

Kalijati tercatat dalam sejarah nasional Indonesia sebagai tempat penyerahan kekuasaan Belanda kepada pasukan Jepang di tahun 1942. Kalijati juga menjadi basis pangkalan TNI Angkatan Udara di Lanud Suryadarma yang dikenal sebagai home base bagi para penerbang Helikopter (chopper) TNI dengan julukan “All Chopper were born in here”.

Referensi