Sunday, August 20, 2017

Masjid Terapung Makasar

Masjid Amirul Mukminin Makasar di malam hari (foto dari ID oceanuslord @masjidinfo)

Masjid Terapung Makasar ini nama resminya adalah Masjid Amirul Mukminin, namun lebih populer disebut masjid terapung karena lokasinya yang berada di atas air di lepas pantai Losari Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Masjid ini dibangun atas gagasan walikota makassar yang ingin memperkaya khasanah landmark Kota Makassar dan wisata religius di kota ini.
.
Masjid Amirul Mukminin dapat menampung sekitar 500-an Jemaah, berlantai tiga, ditopang oleh 164 tiang pancang dan mempunyai luas 1.683 meter persegi. Untuk lantai teras yang berada tepat di bawah kubah banyak digunakan warga untuk melakukan kegiatan rekreasi, semisal melihat sunset di Pantai Losari.

Masjid Amirul Mukminin
Jalan Penghibur No.289, Losari
Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112


.
Nama dan Rancangan

Pada mulanya pada tahap rancangan masjid ini dinamai Masjid 99 Al Makazzary namun kemudian Masjid Amirul Mukminin lah yang kemudian disandangkan kepada masjid ini, meskipun kemudian masyarakat lebih menygenalnya sebagai masjid terapung makasar.
.
Rancangan awal masjid ini sempat menuai kontroversi dengan bentuk rancangan menara kembarnya yang menyerupai badik makasar, Namun kemudian rancangan tersebut di ubah dan realisasi pembangunannya menara masjidini memang tidak menyerupai Badik seperti yang banyak di kecam oleh para netizen.
.
Arstektur

Lantai paling atas masjid merupakan tempat khusus untuk para pengunjung yang ingin melaksanakan shalat sendiri yang lebih khusuk. Lantai kedua dari masjid dipergunakan khusus untuk jemaah wanita dan lantai bawahnya untuk shalat jemaah pria. Di lantai bawah itu juga terdapat tempat wudhu pria yang berada di sebelah kanan, sementara untuk para wanita berada di sebelah kiri masjid.

Masjid Amirul Mukminin Makasar di malam hari (foto dari dianmtaufik @masjidinfo)

Masjid "Amirul Mukminin" di Pantai Losari Makassar, dibangun pada masa walikota Ilham Arief Sirajuddin dan diresmikan oleh Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada tanggal 21 Desember 2012. Pak JK sendiri menyebut masjid ini sebagai Masjid Pantai karena lokasinya yang berada di pantai, bukan masjid terapung seperti kebanyakan orang menyebutnya.
.
Pak JK sendiri secara pribadi turut berkontribusi dalam pembangunan masjid ini dengan menyumbangkan dana sebesar dua koma satu milyar rupiah, selain dari beliau dana pembangunan masjid ini berasal dari swadaya masyarakat.
.
Penyebutan sebagai masjid terapung bagi masjid ini semata mata karena lokasinya pembangunannya yang berada di atas air meski dengan tiang tiang pancang, sehingga pada saat air pasang bangunan masjid ini tampak “seolah olah” terapung di permukaan air.
.
Bila anda penasaran untuk melihat masjid terapung sebenarnya, anda dapat berwisata ke pantai sari ringgung di provinsi Lampung, disana ada masjid yang benar benar terapung di tengah laut di teluk lampung karena memang dibangun diatas pelampung seperti bangunan rumah rumah rakit disekitarnya.
.
------------------------------------------------------------------------------
Follow akun instagram kami di @masjidinfo
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
🌎 informasi dunia Islam.
------------------------------------------------------------------------------
.
Referensi