Saturday, August 12, 2017

Masjid Sunan Muria

Komplek Makam dan Masjid Sunan Muria di puncak bukit muria.

Masjid Sunan Muria merupakan Masjid yang dibangun oleh Sunan Muria di puncak Bukit Muria sekitar 18 KM sebelah utara Kudus, Jawa Tengah. Kini masjid ini berada di komplek makam Sunan Muria. Lokasi masjid ini yang berada di ketinggian bukit Muria, membutuhkan upaya lebih bagi siapa saja yang hendak kesana. Rata rata mereka yang daaing ke masjid ini adalah para peziarah ke Makam kanjeng Sunan Muria yang merupakan salah satu dari Sembilan tokoh Wali Songo yang berada di lokasi yang sama.

Bukit Muria kini tidak sekedar tempat ziarah melainkan juga telah menjadi lokasi wisata karena memang menyuguhkan pemandangan yang cukup indah dari puncak bukit muria. Untuk mencapai lokasi pada ketinggian 600-800 meter ini pengunjung harus menapaki jejeran anak tangga mendaki yang teramat panjang.

Masjid Sunan Muria
Komplek Makam Makam Sunan Muria
Colo, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353, Indonesia


Jalan mendaki yang ditempuh memiliki kemiringan kurang lebih 25 hingga 35 derajat jalan mendakinya tertata rapih dari bebatuan dan dibuat undak-undakan anak tangga, Namun juga tersedia jasa ojek motor mengantar para  peziarah ke lokasi. 

Di sepanjang kanan kiri jalur pendakian juga banyak berdiri warung-warung kelontong. Mereka menjajakan berbagai macam barang dagangan. Mulai dari pakaian, sayur mayur, buah-buahan, makanan siap santap hingga botol-botol kosong air mineral.

Di gunung ini juga terdapat air terjun Montel yang cukup indah, beraneka jenis tanaman anggrek, aneka sayur, aneka buah, aneka umbi, makanan khas pecel dan sejumlah kerajinan dari kayu yang dijajakan oleh para pedagang di kiri kanan jalur menuju ke Masjid dan makam Sunan Muria. Di seputar Masjid dan makam Sunan Muria, kini juga sudah tersedia penginapan, tempat peristirahatan, warung makan dan minuman.

Tangga naik ke puncak bukit menuju makam dan Masjid Sunan Muria di Bukit Muria 

Komplek Masjid dan Makam Sunan Muria di Gunung Muria ini merupakan bagian terpadu dari kawasan wisata Colo dan kini dikembangkan oleh pemerintah sebagai lokasi objek wisata religi dan pada bulan Januari 2017 pemerintah setempat merencanakan membangun rest area bagi para pwziarah ke sana. Pembangunan tersebut termasuk menata kawasan ini untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Komplek masjid dan makam Sunan Muria di puncak gunung Muria ini selalu ramai dikunjungi peziarah setiap harinya. Pada hari hari besar Islam, pengunjung bahkan mencapai ribuan orang perharinya memadati tempat ini dan rela mengantri cukup panjang untuk berziarah sejak dimulai dari rute pendakian.

Interior Masjid SUnan Muria

Kunjungan Gusdur

Sampai tulisan ini dimuat, tercatat Presiden Republik Indonesia ke empat, KH Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan nama Gus Dur menjadi satu satunya presiden Republik Indonesia yang pernah berziarah ke makam dan Masjid Sunan Muria ini. Beliau berziarah kesana pada 13 April 2011.

Kunjungan Gus Dur Ke Makam dan Masjid Sunan Muria ini sebagai bagian dari rangkaian kunungan kerja beliau ke Demak. Sebelumnya beliau melaksanakan sholat Jum’at berjama’ah di Masjid Agung Demak, berdialoh dengan para petani juga menyempatkan diri bertemu dan berdialog dengan Tokoh spiritual muda Habib Jafar Assegaf serta Kiai Syaro’ni.

Referensi

Kompas terbit 14 April 2011

Baca Juga