Sunday, August 13, 2017

Masjid Agung Baitul Makmur Jepara

Masjid Agung Jepara, Jawa Tengah

Masjid Agung Baitul Makmur Jepara berada di desa Kauman, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Berdiri megah di sebelah selatan Alun-alun kota Jepara. Pertama kali dbangun oleh Pangeran Arya Jepara (1579-1599), anak angkat dari Ratu Kalinyamat, ketika terjadi perpindahan pusat pemerintahan Kerajaan Kalinyamat dari Kota Kalinyamat ke Jepara. Bangunan masjid mengalami renovasi sebanyak tiga kali. Mulai dari tahun 1686, 1929, dan terakhir pada tahun 1989 untuk menyesuaikan dengan kebutuhan akan banyaknya jamaah. 

Dulu Masjid ini semuanya berbahan dasar kayu jati, namun setelah di rehab dan diperbesar bangunan ini konstruksinya berubah menjadi beton dan berdinding tembok seperti masjid modern saat ini. Namun demikian beberapa bagian bangunan masih menyisakan kekunoan-nya dengan menggunakan kayu sebagai bahan bangunannya. Sebagai contoh ruang masjid bagian depan plafonnya terbuat dari kayu jati lembaran yang dipolitur berkilat. Begitu pula soko gurunya, meski terbuat dari dari beton namun bagian luar dililit kayu jati berukir.

Masjid Agung Baitul Makmur Jepara
Jl RA Kartini No.1 Jepara 59417 RT 2 RW I
Kelurahan Kauman Jepara 59417
Jawa Tengah, Indonesia


Bagian lain yang bernuansakan ukiran kayu adalah plafon serambi luar yang dihias dengan ukiran yang indah, kayu-kayu besar berukir bisa kita lihat dari bawah dengan jelas. Ukirannya-pun beragam ada yang bernuansakan bunga-bunga seperti ukiran asli Jepara, namun ada pula yang berbentuk khot atau tulisan arab yang dapat kita lihat dibagian pintu dan jendela. 

Mihrab masjid juga berlapiskan kayu berukir serta dipelitur sehingga indah dilihat. Jepara memang sangat terkenal dengan ukiran kayu jati nya, wajar bila masjid Agung Baitul Makmur ini sarat dengan aneka ukiran kayu jati di bagian interiornya. 

Foto tua Masjid Agung Jepara

Ukiran ukiran kayu jati di dalam masjid ini memang sangat menyolok dan menjadi daya Tarik yang cukup memukau. seperti pada bagian kayu yang menutup pilar pilar beton di dalam masjid, bagian mihrab hingga ke bagian plafon dan kusen kusen pintu dan jendela masjid.

Ada fasilitas Hot Spot di seputaran Masjid Agung Jepara ini, sehingga jika anda membawa Laptop atau HP anda bisa berinternet ria di taman sebelah utara Masjid Agung. Selain melihat keindahan Masjid dan shalat bersama, juga bisa beristirahat santai di Taman sebelah masjid Agung yang setiap sorenya tiada sepi dari pengunjung.
.