Sunday, July 23, 2017

Masjid Al-Ra'iyah DPRD Sumsel

Masjid Al-Ra'iyah DPRD Smsel

Masjid Al-Ra’iyah adalah masjid megah di komplek perkantoran DPRD provinsi Sumatera Selatan di kota Palembang. Masjid ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan muslim di kawasan perkantoran tersebut dan sekitarnya. Secara harfiah “Al-Ra’iyah” yang menjadi nama masjid ini berarti “Rakyat”, nama yang pas untuk masjid yang berdiri dan dibangun di komplek para wakil rakyat.

Selama ini karena belum adanya masjid, pelaksanaan sholat Jum’at di komplek DPRD Sumsel ini dilakukan di mushola DPRD yang berada di lantai dasar gedung DPRD Sumsel. Dengan selesainya pembangunan masjid ini, pelaksanaan sholat jum’at dan aktivitas ke-Islaman dipusatkan di masjid ini, tidak saja bagi anggota dewan, staf dan pegawainya namun juga bagi masyarakat muslim di sekitarnya.

Masjid Al-Ra 'iyah DPRD Sumsel
Jalan POM 9 Kampus, Kelurahan Lorok Pakjo
Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang
Sumatera Selatan 30137



Pembangunan masjid ini dilaksanakan sejak tahun 2013 ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Ketua DPRD Provinsi Sumsel (2009-2014) Ir Wasista Bambang Utoyo didampingi pejabat DPRD Provinsi Sumsel sebagai simbolis dimulainya pembangunan masjid tersebut.

Pembangunan masjid ini atas prakarsa dari pimpinan DPRD Sumsel periode 2009-2014 dan dirancang oleh arsitek Kasmidi Jaya. Dana pembangunannya bersumber dari dana APBD 2013/2014, pelaksanaannya dilakukan dua tahap, tahap pertama menghabiskan dana Rp 3,2 milyar dan tahap kedua Rp 3,8 milyar sehingga total dana yang digunakan sebesar Rp 7 Milyar.

Peresmian Masjid Al-Ra’iyah dilaksanakan pada hari Jum’at 6 Februari 2015 yang lalu oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Nurdin ditandai dengan pemotongan pita bersama sama dengan para pimpinan lembaga pemerintah provinsi Sumatera Selatan, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh H. Alex Nurdin serta penyelenggaraan sholat Jum’at untuk pertama kalinya di masjid tersebut.

Masjid Al-Ra'iyah DPRD Smsel

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut diantaranya Ketua DPRD Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Iskandar M Syahril dan Kapolda Sumsel Iza Fadri, Plt Walikota Palembang Harnojoyo, para anggota DPRD Sumsel, tokoh Agama Sumsel, serta sekitar 300 lebih undangan.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam sambutannya mengatakan bahwa masjid Al-Ra’iyah ini terlalu besar bila hanya digunakan untuk jajaran DPRD Sumsel saja, karenanya beliau menyarankan kepada pengelola masjid agar dapat membuka pintu yang langsung berhadapan dengan jalan agar dapat memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan masjid ini dengan mengutamakan juga keamanan.

Referensi