Tuesday, August 21, 2012

Badshahi - Pakistan, Masjid dengan Halaman Terluas


Ada sebuah masjid di Kota Lahore, Pakistan, yang sangat terkenal dengan halamannya yang sangat luas. Namanya adalah Masjid Badshahi. Masjid yang mampu menampung ratusan ribu jemaah di Kota Lahore, Pakistan ini berdiri megah dengan halaman seluas sembilan hektare.

Masjid yang dibangun pada 1673 oleh raja ke-6 Dinasti Mughal, Aurangzeb Alamgir ini juga pernah dinobatkan sebagai masjid terbesar di dunia. Perihal Aurangzeb Alamgir, adalah putra dari Raja Shah Jahan, pendiri Taj Mahal. Maka tak heran eksterior utama mirip dengan Taj Mahal, tapi didominasi batu-batu merah.

Ruang salat utama dihiasi beraneka ragam marmer dengan beragam lengkungan-lengkungan dan ornamen yang dilapisi kertas perak. Interior dan lampu penerangan mengadopsi desain arsitektur Yunani, Asia tengah dan India. Semua itu memperlihatkan khazanah arsitektur Islam yang sudah berumur ribuan tahun. Di sisi kiri kanan masjid, terdapat lorong-lorong panjang yang menghubungkan bagian utama masjid ke gerbang utama masjid.

Sementara Kota Lahore dikenal sebagai pusat budaya Pakistan. Sebab banyak situs sejarah Islam yang bahkan masuk dalam situs sejarah UNESCO, Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu, dan Budaya.(AIS)