Monday, December 31, 2012

Masjid Isa Bin Maryam, Madaba – Yordania

Sebagaimana ditulis di papan nama di atas pintu utamnya, masjid ini bernama Masjid Isa Bin Maryam. Digunakannya nama tersebut sebagai nama masjid ini sebagai bentuk penghormatan kepada nabi yang menjadi tokoh sentral bagi ummat Nasrani tersebut. Foto dari silent-heroes.net

Masjid Isa Bin Maryam memang dibangun sebagai bentuk penghormatan dari pembangunnya kepada Nabi Allah Isa Alayhissalam atau oleh kaum Nasrani biasa dipanggil sebagai Yesus Kristus. Cukup menarik, karena sangat jarang ummat Islam membangun sebuah masjid yang dinisbatkan kepada Nabi Isa Alaihissalam, meski tak ada larangan untuk hal tersebut. Dan Islam pun mewajibkan ummatnya untuk menghormati semua Nabi dan Rasul.

Di kota Madaba yang berada sekitar 30 Kilometer di sebelah selatan kota Amman, Yordania, sejak tahun 2008 lalu telah berdiri megah sebuah bangunan masjid baru yang diberi nama Masjid Isa Bin Maryam, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Isa Alaihissalam putra Maryam. Sebagaimana disampaikan oleh imam masjid ini, Djamal Safarati kepada kantor berita Interfax bahwa Nabi Isa juga merupakan nabi-nya umat Islam dan sangat dihormati oleh muslim seluruh dunia.

Ukurannya memang tak terlalu besar jauh lebih kecil dibandingkan dengan Masjid Agung Kota Madaba yang sudah dibangun lebih dulu. Namun pemberian nama Nabi Isa bagi masjid ini begitu menarik perhatian banyak pihak. Foto dari fiqhislam.com.
Berbagai media internasional menyebut masjid Isa Bin Maryam di kota Madaba ini sebagai masjid pertama di tanah Arab yang menggunakan nama Nabi Isa A.S. sebagai nama masjid. walaupun sebenarnya masjid di Madaba ini bukanlah yang benar benar pertama di tanah Arab yang menggunakan nama Nabi Isa sebagai nama. Sebagai informasi saja di Amerika sudah ada setidaknya dua masjid yang menggunakan Nama Nabi Isa, yakni Masjid Isa Bin Maryam di Stratford Connecticut dan satu lagi di Columbus, Ohio.

Sebelumnya sudah ada Masjid dengan nama yang sama di kota Tripoli (Lebanon bukan Tripoli Ibukota Libya), ada juga masjid di Giza, Mesir serta masjid masjid lainnya namun tak pernah muncul ke dalam pemberitaan media internasional sebagaimana masjid di Madaba ini. meskipun begitu adalah benar bila Masjid di Madaba ini sebagai masjid pertama di dunia Arab dengan menggunakan Nama Isa A.S. secara lengkap, “Masjid Isa Bin Maryam “.

Foto dari panoramio di atas menampilkan suasana senja di Masjid Isa Bin Maryam di kota Madaba ini, diambil dari sudut yang hampir sama dengan foto sebelumnya.
Berdirinya masjid ini mendapat sambutan hangat baik dari kaum muslimin maupun dari kaum Nasrani di kota Madaba. Masjid ini sendiri berdiri tak jauh dari gereha Kristus yang yang sudah sangat dikenal di kota Madaba. Ide menggunakan nama Isa Bin Maryam sebagai nama masjid ini merupakan ide dari Jamal Al Sufrati yang tak lain adalah imam masjid ini.  

Menurut beliau ada begitu banyak masjid di tanah Arab yang menggunakan nama nama nabi, namun belum ada yang menggunakan nama nabi Isa sebagai nama masjid. Islam mengenal Nabi Isa sebagai salah satu Nabi yang harus dihormati, dan Islam menyebut beliau sebagai Isa Al-Masih Putra Maryam.

Jemaah Sholat Jum'at di Masjid Isa Bin Maryam (Foto dari silent-heroes.net)
Berbagai media internasional sangat mengapresiasi pembangunan masjid ini dan menyebutnya sebagai symbol kerukunan antar pemeluk agama dan symbol perdamaian. Penggunaan nama nabi Isa sebagai nama masjid ini sekaligus menunjukkan toleransi yang tinggi dari ummat Islam sekaligus wujud penghormatan terdapat Nabi yang menjadi tokoh sentral bagi pemeluk agama Nasrani tersebut.

Ada sekitara 10 persen dari total penduduk kota Madaba merupakan penganut Nasrani sedangkan di seluruh negara, pemeluk Nasrani ada sekitar 5 persen dari total 5,5 juta jumlah penduduknya. Namun sepanjang sejarah, Muslim dan Nasrani di Yordania hidup rukun dan damai selama berabad abad.***

Dari berbagai sumber

----------------------

::: Baca juga :::