Friday, July 6, 2012

Menara Masjid Raksasa Turki akan Salip Masjid Madinah


komplek pemakaman di dekat masjid Nabawi - Madinah

Sempat diisukan sebatas wacana, pembangunan masjid Agung Camlica, Istanbul akhirnya bakal terlaksana. Kabarnya, tinggi menara masjid ini bakal mengalahkan menara masjid Madinah, Arab Saudi.

Kepala Protek Pembangunan Masjid Mehmet Guner mengatakan proyek ambisius ini akan menonjol dalam segi ukuran. Semisal saja, pihaknya bakal membangun Kubah yang ukurannya lebih besar dari yang sebelumnya. "Tak hanya itu, akan dibangun menara masjid tertinggi di dunia, setidaknya ada enam menara yang dibangun," papar dia seperti dikutip hurriyetdailynews.com, Kamis (5/7).

Guner sendiri ditunjuk PM Turki Reccep Tayyip Erdogan sejak 20 Mei lalu guna memimpin proyek pembangunan masjid itu. Guner lalu dibantu tiga rekannya. Oleh Erdogan, mereka diberikan ruang kerja khusus guna mempermudah pelaksanaan pembangunan.

"Saya kira semuanya sudah siap. Izin pembangunan tidak lagi diperlukan setelah kementerian Perencanaan Tata Kota dan Lingkungan hidup sudah menyetujui proyek pembangunan itu. "Mereka sudah siapkan rencana rincinya," ungkapnya.

Pemerintah Turki berencana untuk membangun masjid raksasa di Istanbul. Rencana pembangunan masjid seluas 15 ribu meter persegi itu diumumkan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan. Masjid itu akan dibangun di Camlica Hill, sehingga bangunannya dapat dilihat dari seluruh penjuru kota yang ditaklukkan Sultan Mehmet II pada 27 Mei 1453 itu.

"Saya yakin proses pengerjaan akan dimulai dalam dua bulan. Masjid raksasa ini didesain agar bisa tampak dari seluruh penjuru kota Istanbul," ujar Erdogan, Selasa (29/5) lalu saat membuka pusat kerajinan tradisional di dekat distrik Kandilli.

Namun, rencana itu sempat mulur lantaran Menteri Perencanaan Tata Kota dan Lingkungan Hidup belum menyatakan persetujuan. Menteri Kebudayaan dan Pariwisatan Turki, Ertugrul Gunay menyatakan belum ada langkah konkret yang dilakukan guna mengimplementasikan ide Perdana Menteri Turki, Reccep Tayyip Erdogan untuk membangun Masjid terbesar di Istanbul. Tak berselang lama, Menteri Perencanaan Tata Kota dan Lingkungan Hidup akhirnya setuju dengan rencana tersebut.


No comments:

Post a Comment