Friday, July 6, 2012

Masjid Bidya – Masjid unik dan Tertua di Uni Emirat Arab


Masjid Al-Bidya, tertua di Uni Emirat Arab


Bidya atau Al-Bidya atau Al Badiyah adalah sebuah kota kecil di pantai timur Uni Emirat Arab. Di kota kecil ini berdiri sebuah masjid kecil mungil dari lumpur yang merupakan masjid pertama dan tertua di Uni Emirat Arab.

Masjid unik berukuran kecil ini berada di kota kecil bernama Bidya di Uni Emirat Arab. Meski kecil tapi tua loh. Masjid imut imut ini dipercaya merupakan masjid tertua di Uni Emirat Arab. Hasil uji karbon menunjukkan bahwa masjid ini telah berumur lebih dari 400 tahun. Keterkaitan sejarahnya itu yang membuat masjid mungil di kota kecil ini menjadi begitu terkenal di Uni Emirat Arab.

Bentuknya lebih mirip dengan bangunan bangunan hunian di kawasan sepanjang pantai tempatnya berdiri dan lebih mirip dengan bangunan kuno tradisi kawasan Oman Timur, maklum karena kota Bidya memang berada di pantai timur Uni Emirat Arab yang lokasinya di apit oleh wilayah Kesultanan Oman.

Masjid ini kini menjadi perhentian paling popular di kawasan tersebut. Bagi mereka yang penasaran untuk melihat masjid tertua di UEA, mungkin akan sedikit terperangah membandingkan masjid tertua di Negara yang serba Wuah dan Modern itu ternyata dibangun dari tanah liat.