Monday, July 2, 2012

Masjid Muamar Qaddafy berganti nama Azzikra


Sejak bulan Juni Lalu Masjid ini sudah berganti nama menjadi Masjid Azzikra

Mesjid Muamar Qaddafi yang terletak di perumahan Bukit Az Zikra Sentul, Kecamatan Kedung Halang, Kabupaten Bogor berganti nama menjadi Azzikra.

Menurut Ustad Muhammad Arifin Ilham pimpinan masjid tersebut, penggantian nama sudah berlangsung sejak akhir Juni.

"Ya sekarang kita sudah ganti nama tidak lagi menggunakan nama Muamar Qaddafy diganti menjadi Mesjid Azzikra," kata Ustad Arifin saat ditemui usai zikir akbar di mesjid tersebut, Minggu.

Ustad Arifin mengatakan pergantian nama mesjid berdasarkan keputusan dewan Majelis Azzikra yang dilaksanakan seminggu lalu

Pergantian dan pemilihan nama dibahas dalam musyawarah diikuti seluruh dewan majelis masjid.

Saat ditanyakan alasan pergantian naman, Ustad Arifin mengatakan, agar mesjid tidak lagi dikaitkan dengan unsur politik.

"Jangan ada politik lagi di Mesjid. Ini mesjid untuk umat Islam. Fokus hanya untuk beribadah," katanya.

Seperti yang pernah diberitakan pada April 2011 lalu. Ustad Arifin Ilham selaku pimpinan Yayasan Qaddafy Islamic Center, menyatakan tidak akan mengganti nama Masjid Muafar Qaddafy pasca krisis yang terjadi di Libya.

Menurutnya, penggunaan nama tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang telah mendanai pembangunan mesjid yang terlihat megah dari jalan tol Jagorawi.

Arifin juga pernah menyatakan krisis Libya tidak mempengaruhi aktifitas umat Islam untuk beribadah di masjid tersebut.

Mesjid Muamar Qaddafy atau sekarang di sebut Azzikra dibangun pada tahun 2007 dan diresmikan penggunaanya 2009.

Pembangunan masjid tersebut sepenuhnya didanai oleh The World Islamic Call Society, yakni sebuah yayasan milik pemerintah Libya pimpinan Muamar Qaddafy.

Total dan yang dikucurkan oleh pihak Yayasan Muamar tersebut senilai Rp50 miliar untuk pembangunan kompleks masjid dan perumahan di kawasan Bukit Azzikra.

Bangunan masjid tersebut berdiri kokoh di atas laham seluas 12.600 meter persegi. Memiliki menara setinggi 57 meter yang berdiri menyanding tiga lantai bangunan utamanya. (Antara)

---------------------------

Artikel Terkait