Monday, July 9, 2012

Masjid Terbesar di Asia Tengah diresmikan di Kazakhstan

Masjid Agung Astana (Khazret Sultan) 
Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbaev pada tanggal hari Jum’at 6 Juli 2012 lalu meresmikan masjid Khazret Sultan di kota Astana, Ibukota Kazakhstan. Masjid ini disebut sebut oleh media setempat sebagai masjid terbesar di kawasan Asia Tengah.

Masjid berukuran 15.500 meter persegi (188.000 kaki persegi) setinggi 51 meter (167 kaki) ini diresmikan enam bulan setelah proyek pembangunannya dilanda musibah kebakaran dan menewaskan satu orang pekerjanya. Menurut penjelasan pihak berwenang, kebakaran pada bulan Januari 2012 itu disebabkan oleh percikan api las yang kemudian membakar bagian dibawah kubah utama.

kebakaran di proyek pembangunan Masjid Astana - Kazakhstan, enam bulan lalu.
Pada saat peresmian di tanggal 6 Juli lalu, bertepatan dengan peringatan 14 tahun berdirinya kota Astana dan bertepatan juga dengan peringatan ulangtahun Presiden Nursultan Nazarbayev ke 72 tahun.

Kazakhstand merupakan Negara pecahan (bekas) Uni Soviet dengan penduduk sekitar 16 juta juwa dan 70% dari penduduknya beragama Islam beraliran Suni mazhab Hanafi. Masjid dengan menara kembar ini membutuhkan waktu hampir dua tahun untuk membangunnya dan mampu menampung 5000 jemaah di ruang sholat utamnya nya.