Friday, July 6, 2012

Masjid dengan Desain Unik yang Ramah Lingkungan


Rancangan Masjid unik karya Suhail Mohammed Suleiman

Masjid dengan desain unik yang ramah lingkungan di kota Abu Dhabi mendapat lampu hijau untuk dibangun. Eco-masjid di negara yang masuk dalam Uni Emirat Arab ini merupakan usulan dari Suhail Mohammed Suleiman.

Masjid ini disebut-sebut akan menjadi simbol dari komitmen kota untuk pembangunan berkelanjutan. Didukung dengan panel surya dan beratap tanaman hijau, rancangan masjid yang diusulkan Suhail terlihat sangatlah mewah.

Fitur yang ditawarkan ramah lingkungan, termasuk sistem yang menangkap dan mendaur ulang air buangan wudu untuk mengairi daerah sekitarnya yang indah.

Pria lulusan ALHOSN University ini mulai mengerjakan proyeknya saat masih magang. Setelah selesai, proposal itu mendapat penilaian "Five Pearl" dari Abu Dhabi Urban Planning Council.

Dalam maket, terlihat struktur bangunan masjid dimahkotai dua bulan sabit yang menunjuk ke arah Mekah. Selain itu, masjid dilengkapi dengan Pusat Agama Islam (Islamic Center).

Seperti dikutip dari Inhabitat, Kamis (5/7/2012), pria berusia 23 tahun ini berharap masjid tersebut dibangun di Pulau Saadiyat. Di pulau ini, ada Abu Dhabi Guggenheim dan museum Louvre yang rencananya dibuka pada 2017. (NJB)