Monday, July 9, 2012

Madha dan Nahwa, Ke luar negeri di dalam negeri sendiri atau di dalam negeri sendiri tapi di luar negeri ?

Wadi Madha adalah wilayah Oman yang berada di tengah tengah wilayah UEA sedangkan Nahwa adalah wilayah UEA yang justru berada di dalam wilayah Madha.


Pernah dengan istilah exclave atau enclave ?. Exclave adalah suatu wilayah milik suatu Negara tapi berada di dalam wilayah Negara yang lain. Sementara enclave adalah kebalikannya, yakni wilayah Negara lain yang ada di dalam negaranya.

Contoh exclave adalah distrik Oucesi yang merupakan wilayah kedaulatan Timur Leste tapi lokasinya berada di dalam wilayah propinsi NTT. Oucesi merupakan Exclave-nya Timur Leste dan Enclave Timur Leste bagi NTT.

Lalu bagaimana bila di dalam Exclave itu ada enclave lagi ? wah ruwet deh urusannya. Salah satu contoh kasus seperti ini adalah wilayah Madha di Uni Emirat Arab. Madha adalah exclave milik Oman seluas 75 kilometer persegi. Lokasinya berada di tengah tengah wilayah Uni Emirat Arab. Madha terletak begitu jauh dari wilayah Oman lainnya, tapi tetap merupakan wilayah kedaulatan Oman meski lokasinya berada di luar negeri.

Peliknya lagi, di dalam wilayah Madha terselip satu kota kecil bernama Nahwa yang merupakan wilayah kedaulatan Uni Emirat Arab. Bagi Uni Emirat Arab, Madha adalah wilayah Negara lain di dalam negaranya, tapi justru di dalam wilayah Negara asing itu ada wilayah milik Uni Emirat Arab. Negara di dalam Negara dan di dalamnya ada Negara lagi. Weleh weleh.

Penduduk Madha yang merupakan warga Negara Oman mau tidak mau harus melewati wilayah UEA bila akan berpergian ke wilayah Oman lainnya, sama persis seperti penduduk Nahwa  yang hendak berpergian ke wilayah UEA lainnya yang harus melewati wilayah Oman di Madha.

bagi warga UEA pergi ke Madha adalah berpergian ke luar negeri tapi di dalam negeri sendiri. Tapi bagi penduduk Madha, tinggal di dalam negeripun hakikatnya mereka tinggal di luar negeri karena lokasinya yang berada di dalam Negara orang lain. Ribeut ya.

Tapi meski ribeut kedua Negara bertetangga ini (Oman dan UEA) telah menandatangai kesepahaman bersama menyangkut status dua wilayah aneh mereka itu, termasuk kesapakatan garis batas negara.

Dua negara Islam di semanjung Arab ini sama sama memiliki bangunan masjid fenomenal yang kedua dua masuk ke dalam buku rekor dunia sebagai masjid dengan ukuran karpet dan lampun gantung terbesar di dunia. UEA terkenal dengan Masjid Agung Sheikh Zayed nya, sedangkan Oman terkenal dengan Masjid Agung Sultan Qaboss.***


Baca juga