Monday, July 9, 2012

Reruntuhan Masjid Abad XVII ditemukan di Delhi


Secara tak sengaja proyek perluasan stasiun metro kota Delhi menemukan reruntuhan bangunan masjid yang dipecaya sebagai reruntuhan masjid “Akbaraabadi” yang diperkirakan dibangun pada abad ke 17 masehi. Reruntuhan masjid itu ditemukan di taman Subhas di pusat kota Delhi yang semestinya akan digunakan sebagai lahan perluasan fase ketiga kawasan stasiun metro kota Delhi.

Pihak pengelola metro Delhi belum menerima komunikasi resmi apapun dari pihak berwenang India termasuk dari Archeological Survey of India ataupun dari National Monument Autority terkait penemuan bersejarah tersebut.

Disebutkan bahwa Masjid Akbarabadi dibangun oleh Syah Jahan di tahun 1650 dan diberi nama sesuai dengan nama istrinya Akbarabadi Begum. Masjid tersebut dihancurkan oleh penjajah Inggris di India ketika terjadi pemberontakan rakyat di tahun 1857, karena masjid terebut menjadi tempat pertemuan para pejuang.

Di masjid itu juga untuk pertama kali Al-Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Urdu. Masjid Akbarabadi dibangun kembar dengan masjid di chandni Chowk, sebagaimana di jelaskan dalam surat dari Delhi Urban Art Commision. Para arkeolog menginginkan restorasi atas masjid tersebut, namun belum ada penjelasan resmi dari pihak berwenang terkait kelanjutan dari penemuan tersebut.

Source : thehindu.com