Wednesday, May 18, 2016

Azan Yang Mengharukan Dari Masjid Swedia

MASJID FITTJA. Tegelbruksvägen 10,145 53 Norsborg,Swedia
Lantunan azan dari Menara masjid bukanlah hal yang luar biasa bagi muslim Indonesia, di negeri ini bahkan dua wakil presiden bahkan repot mengatur suara azan dari masjid dan mushola. Lain halnya dengan muslim yang jumlahnya sangat minoritas di negeri non muslim seperti saudara saudara kita di Swedia. di Negara itu tidak bisa se-enaknya menyuarakan azan dengan pengeras suara hingga terdengar keluar dari ruangan masjid. Butuh izin resmi dari pihak berwenang untuk menyuarakannya.

Pengurusan izin menyuarakan azan dari Menara masjid dengan pengeras suara, sama rumit dan sulitnya dengan membangun masjid. Muslim di kota kecil Fittja di dalam wilayah kotamadya Botkyrka di sebelah selatan kota Stockholm, Swedia, sudah lama mengajukan izin untuk menyuarakan azan dengan pengeras suara dari Menara masjid mereka, dan ahirnya izin resmi yang di tunggu tunggu disetujui oleh pemerintah kota pada bulan maret 2013 yang lalu. Media Eropa bahkan menyebut keluarnya izin tersebut sebagai sesuatu yang sama sekali tidak di duga duga.


Kaum Muslimin disana berbondong ke masjid Fittja untuk menyaksikan dan mendengarkan lantunan azan untuk pertama kali pada hari Jum’at 12 April 2013 dari Menara masjid yang mereka bangun sejak tahun 1998 dan selesai tahun 2007. Suasana haru biru ketika suara azan terdengar lantang dari Menara tunggal masjid tersebut, banyak diantara mereka yang meneteskan air mata tak kuasa menahan rasa haru, dan bahagia yang menyeruak.

Meski telah disetujui untuk menyuarakan azan dari Menara masjidnya. muslim disana harus mentaati syarat dan aturan yang telah ditetapkan. Termasuk didalamnya adalah bahwa suara azan yang disuarakan melalui pengeras suara di Menara masjid tidak melebihi jarak jangkauan dua kilometer. Otoritas kota akan melakukan pengukuran terhadap hal itu secara berkala. Masjid Fittja di-izinkan untuk menyuarakan azan lima kali sehari. Merujuk kepada laporan kementrian luar negeri AS, muslim di Swedia ada sekitara 450,000 hingga 500,000 jiwa dari total Sembilan juta penduduknya.


Referensi

en.wikipedia.org - Fittja