Monday, May 2, 2016

Masjid Al-Akbar Balangan Kalsel

Berlokasi di atas bukit di kota Paringin, masjid agung Al-Akbar merupakan masjid terbesar di kabupaten Balangan provinsi Kalimantan Selatan
Kabupaten Balangan adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Beribukota di Parigin. Kabupaten Balangan merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan undang-undang tersebut, Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno meresmikan Kabupaten Balangan pada tanggal 8 April 2003 yang kemudian menjadi hari jadi yang dirayakan setiap tahunnya. Motto Kabupaten Balangan adalah "Sanggam": "Sanggup Bagawi Gasan Masyarakat" (bahasa Banjar, berarti: Kesanggupan melaksanakan pekerjaan (pembangunan) yang didasari oleh keikhlasan untuk masyarakat. Dengan luas wilayah 1.819,75 km2 dan terbagi menjadi 8 kecamatan.

Kabupaten Balangan terletak di bagian utara Provinsi Kalimantan Selatan, berdasarkan letak geografis maka kabupaten Balangan cukup strategis karena dilalui lintas trans Kalimantan dan berpeluang besar untuk berkembang menjadi kota persinggahan bagi perjalanan dari Banjarmasin ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Masjid Al-Akbar dan Islamic Center Balangan

Masjid Al Akbar Kabupaten Balangan pertama kali digunakan pada tanggal 22 Desember 2014 untuk shalat berjamaah oleh Bupati Kabupaten Balangan H Sefek Effendie, Wakil Bupati H Ansharuddin serta jajaran kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pegawai lainnya melaksanakan salat zuhur berjamaah di masjid ini. Pembangunan masjidi memakan waktu selama lima tahun sejak tahun 2010 dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Balangan tanpa ada bantuan anggaran lain.

Suasana malam peresmian masjid Al-Akbar Balangan
Sebelum dibangun, Dinas Pekerjaan Umum bersama Majelis Ulama Indonesia Balangan sudah beberapa kali turun ke lokasi untuk menentukan kiblat yang tepat. Peresmian masjid yang terletak di atas gunung ini dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin pada tanggal 28 Januari 2015. Beliau juga yang melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut di tahun 2010.

Peresmian dimulai pada pukul 20.00 wita sehabis sholat isya dimulai dengan pembacaan maulid Habsyi oleh KH Asmuni atau Guru Danau, selain gubernur juga hadir pejabat sebenua enam seperti Kemenag, MUI, Pimpinan PT. Adaro Energy Tbk, Direktur Bank Kalsel dan undangan lainnya, serta masyarakat Balangan. Kegiatan tersebut juga di isi dengan tausiah dan ceramah agama oleh KH Asmuni.

Dengan selesai dan berfungsinya Masjid Agung Al Akbar ini menambah objek wisata Religi di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini, setelah sebelumnya hanya ada satu objek wisata religi yakni Makam Datuk Kandang Haji yang berada di Kecamatan Juai. Dengan Kapasitas hingga 5000 jemaah sekaligus, menjadikan masjid ini sebagai masjid terbesar dan termegah di Kabupaten Balangan dan di kawasasn Banua Anam. Selanjutnya di areal ini akan segera dibangun fasilitas penunjang lainnya sebagai pusat pengembangan Islam (Islamic Center) di Kabupaten Balangan.

Lokasi Masjid Al-Akbar Balangan

Jalan Jendral A Yani Km 2
Paringin Selatan, Kabupaten Balangan
Provinsi Kalimantan Selatan - Indonesia
Koordinat : 2° 21' 12.91" S  115° 28' 6.84" E


Ustadz Maulana Tablik Akbar Di Balangan

8 Februari 2015 Ustad Maulana didampingin Bupati Balangan H Sefek Effendie bersama Puteranya Dimas Febriyandie mendampingi ustad Maulana ketika berkunjung ke Masjid Al Akbar Kabupaten Balangan untuk memberikan tausiah kepada warga Balangan. Ustadz Maulana bersama Ustadzah Hj Maryam  berceramah dihadapan ribuan masyarakat Bumi Sanggam di Mesjid Al Akbar Kabupaten Balangan, dalam acara Tablik Akbar yang digelar oleh pemerintah kabupaten setempat.

Acara tablik akbar bersama Ustadz Maulana di Komplek Islamic Centre Kabupaten Balangan setelah sholat dzuhur dan dihadiri ribuan jemaah dari kalangan pelajar, pegawai negeri dan swasta. Turut berhadir seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Dandim 1001 Amuntai-Balangan, Kapolres Balangan, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekdakab Balangan.***

------------ooo000ooo------------

Baca Juga