Sunday, November 4, 2012

Masjid Umar Bin Khattab – Madinah

Masjid Umar Bin Khattab - Madinah (panoramio)

Diantara masjid masjid tua bersejarah yang berada di sebelah barat daya (sebelah timur bagian selatan) Masjid Nabawi, Masjid Umar berada paling selatan. Berturut turut dari utara ke selatan adalah, Masjid Ali Bin Abi Thalib, Masjid Abu Bakar, Masjid Ghamama, Masjid Usman dan Masjid Umar. Masjid  masjid tua bersejarah yang pembangunannya terkait erat dengan kehidupan Rosulullah S.A.W dan empat khalifah Khulafaur Rasyidin.

Masjid Umar, terletak lebih kurang 500 disebelah barat daya Masjid Nabawi, dahulunya merupakan rumah sahabat Rosulullan S.A.W, Umar Bin Khatab, yang juga merupakan Khalifah ke dua dalam jajaran Khalafaur Rasyidin, Setelah Khalifah Abu Bakar Siddiq.


View Umar Ibn Al Khattab Mosque in a larger map

Masjid Umar dibangun pada tahun 850H oleh Shamsuddin Muhammad ibnu Ahmad as-Salawi, dilanjutkan Sultan Mahmoud in 1254 H serta putranya Abdul Majid di tahun 1266 H yang kemudian merenovasi Masjid Umar seperti yang kita kihat saat ini. ukurannya memang tidak terlalu besar apalagi dibandingkan dengan Masjid Nabawi karena memang tujuan pembangunnya adalah untuk mengenang Khalifah Umar Bin Khatab.

Masjid ini berbentuk persegi empat, panjang sisinya kira-kira delapan meter. Dibangun dengan batu basal. Bagian dalam masjid dicat dengan wama putih dan dipoles dengan kapur. Masjid ini diberi atap kubah yang tingginya dari dalam kira-kira 12 meter, dihiasi dengan ornamen tanaman yang indah. Mihrabnya berada di tengah dinding selatan masjid. Di samping kanan dan kirinya terdapat dua jendela persegi panjang. Di hadapannya, pada bagian utara, terdapat dua jendela. Di tengah kedua jendela tersebut terdapat jalan masuk.

Seiring dengan perluasan Masjid Nabawi keberadaan masjid Umar ini memang cukup terancam. Sampai sejauh ini belum ada pernyataan dari pemerintah Saudi Arabia untuk mengkonservasi masjid masjid bersejarah di kawasan tersebut. Proyek perluasan Masjid Nabawi telah berjalan dan masjid ini terlihat nyempil diantara galian raksasa proyek konstuksi perluasan Masjid Nabawi, seperti tampak dalam foto di atas.

::: Baca juga :::