Saturday, November 10, 2012

Masjid Mimar Sinan, Istanbul - Turki

Masjid bergaya arsitek legenda dinasti Usmaniah, Mimar Sinan, berdiri megah di wilayah Anatolia menyembul diantara gedung gedung pencakar langit kota Instanbul, Turki. Masjid berkapasitas 10 ribu jemaah ini diresmikan oleh Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, 20 Juli 2012 yang lalu. (foto: sabah.com.tr)

Masjid baru kota Instanbul, Turki ini diberi nama Masjid Mimar Sinan, nama yang memang dinisbatkan kepada Almarhum Mimar Sinan (1490-1588), sang arsitek legenda dari Kekhalifahan dinasti Usmaniah Turki Berdiri megah di Atasehir, sisi Asia kota Istanbul. Masjid Mimar Sinan Secara resmi dibuka pada hari Jum’at 20 Juli 2012 yang lalu oleh Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan ditemani oleh presiden Gabon, Ali Bongo Ondimba, Juru bicara Parlemen Nasional Iraq, Osama Nujaifi dan Direktur Deparetmen Urusan Agama Turki. Dr. Mehmet Görmez.

Upacara peresmian masjid tersebut ditandai dengan pidato sambutan dari Perdana Menteri Turki dilanjutkan dengan pemotongan pita bersama para tamu kehormatan sebagai tanda pembukaan masjid lalu dilanjutkan dengan sholat Jum’at berjamaah pertama di masjid yang baru diresmikan tersebut. Masjid Mimar Sinan ini dirancang oleh arsitek Hilmi Şenalp merujuk kepada rancangan Mimar Sinan, dengan ukuran begitu besar, mampu menampung hingga 10 ribu jemaah sekaligus.



Sebagaimana disampaikan oleh Erdogan dalam sambutanya, masjid ini sengaja dibangun di lokasinya sekarang ini yang merupakan kawasan Anatolia, mengingat selama ini belum adanya masjid jami’ atau dalam bahasa Turki disebut sebagai Masjid Selatin, di lokasi tersebut. (Anatolia adalah wilayah kota Instanbul yang masuk ke dalam benua Asia, karena memang Istanbul merupakan tempat bertemunya benua Asia dan Eropa).

Masjid Selatin merupakan masjid yang cukup unik, awalnya dulu dibangun atas perintah Sultan sebagai masjid untuk Sholat Jum’at. Selama ini kota Instanbul, terkenal dengan masjid masjid megahnya seperti Masjid Selimiye di sisi Eropa Kota Instanbul, juga Masjid Sehzade yang merupakan karya pertama Mimar Sinan. Masih adalagi masjid Sultanahmet dan masjid Fatih.


Masjid Mimar Sinan dibangun selama 20 bulan menghabiskan dana sekitar 40 juta Lira, arsitek Hilmi Şenalp meranjang masjid ini dengan merujuk kepada karya legenda Mimar Sinan berupa masjid dengan enam menara yang selama ini sudah menjadi ciri khas masjid masjid Turki. Namun baru kali di aplikasikan dalam ukuran yang lebih besar.

Bangunan masjidnya sendiri setinggi 42 meter, empat menaranya setinggi 72 meter terdiri dari tiga lantai. Kapasitas masjidnya mencapai 10 ribu jemaah plus lahan parkir untuk 300 kendaraan roda empat dilengkapi juga dengan ruang konfrensi dan ruang kelas.***

::: Baca juga :::