Saturday, June 8, 2019

Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo, Jawa Tengah

Icon baru kabupaten Sukoharjo, Masjid Agung Baiturrahmah yang begitu megah, dibangun ulang menggantikan bangunan masjid agung sebelumnya di lokasi yang sama.

Masjid Agung Baiturrahmah adalah masjid agung kabupaten Sukoharjo di provinsi Jawa Tengah. Pembangunan masjid ini menghabiskan dana sebesar 32,4 milyar rupiah yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah. Dari total anggaran Rp32,4 miliar, antara lain untuk perencananan dan review Rp89 juta, proyek fisik Rp31,551 miliar dan untuk pengawasan dianggarkan Rp449,132 juta. Pembangunannya selesai pada ahir Desember 2017 yang lalu.

Masjid tersebut dibangun dua lantai memiliki daya tampung hingga 2600 jamaah. Lantai 1 digunakan bagi jamaah laki laki, mampu menampung sebanyak 1.750 jemaah sekaligus. Lantai 2 terdiri dari Kantor MUI, ruang rapat, perpustakaan, dan sekretariat remaja masjid. Lantai 3 untuk jamaah wanita yang menampung 850 jamaah.

Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo
Jl. Brigadir Jenderal Slamet Riadi, Johosari, Joho
Kec. Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57513



Masjid Agung Baiturrahman juga menyediakan ruang untuk marbot dan takmir masjid, ruang imam masjid dan disediakan juga lima kamar penginapan musafir. Masjid juga dilengkapi lift untuk memudahkan akses disabilitas. Lahan tempat masjid Agung Baiturrahmah ini berbentuk travesium terbentuk dari simpangan ke jalan Kutilang disebelah selatan masjid.

Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo dibuka untuk umum pada hari Jumat 4 April 2018. Pembukaan Masjid ditandai dengan peresmian yang dilakukan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. Dalam upacara peresmian tersebut Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengaku bersyukur pembangunan masjid kebanggaan warga Sukoharjo akhirnya selesai tepat waktu.

Dibangun dengan dana dari APBD kabupaten, Masjid Agung Baiturrahmah tampil begitu megah dan menawan menjadi kebanggaan bagi warganya.
Proyek Masjid Agung Baiturrahmah dikerjakan oleh PT Sinar Cerah Sempurna Semarang. Masjid dibangun di lahan seluas 7.713 meter persegi dengan luas bangunan 2.805 meter persegi. Untuk bangunan masjid seluas 2.565 meter persegi, gedung TK 195 meter persegi dan rumah imam 45 meter persegi. Masjid ini juga memiliki halaman dan taman yang luas dan sejuk sehingga bisa digunakan sebagai lokasi bersantai sejenak.

Dibangun dengan rancangan yang menawan dan cukup instagramable bagi para pengguna instagram karena kecantikan masjid ini. Megahnya bangunan masjid ini menjadikannya sebagai salah satu objek wisata pavorit warga di Sukoharjo. Keberadaan masjid ini menjadi ikon baru Kabupaten Sukoharjo. 

Arsitektur Timur Tengah

Masjid Baiturohmah dibangun dengan setuhan arsitektur Timur Tengah. Dua kubah bercat hijau kombinasi kuning telah terpasang di atap masjid, satu kubah di atap utama masjid sedangankan satu kubah lainny dipasang di atap beranda. Bangunan utama masjid dilengkapi dengan kubah utama ditapnya bewarna hijau dengan kombinasi warna kuning.Kubah yang ukurannya lebih kecil dengan warna yang sama dipasang diatas beranda masjid.

Aerial view Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo, tampak menjulang sendirian diantara bangunan bangunan lain disekitarnya.
Dua menara besar tinggi menjulang mengapit bagian depan masjid ini disisi kiri dan kanan. Sementara empat kubah lainnya yang lebih ramping ditempatkan di empat penjuru atap masjid mengapit kubah utama di bagian atap. Enam menara ini menyimbolkan rukun Islam.

Pembangunan masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo ini menggantikan bangunan masjid agung yang lama di lokasi yang sama. Pada awal proyek pembangunan masjid, bangunan masjid agung yang lama dirobohkan dibongkar secara total untuk kemudian dibangun kembali dalam bentuk yang lebih megah seperti yang kita lihat saat ini. Bangunan sebelumnya justru merupakan bangunan dengan langgam nusantara dengan atap joglo.***

Referensi


------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment