Sunday, June 2, 2019

Masjid Agung Baiturrahman Dompu

Masjid Agung Kabupaten Dompu. Papan nama masjid ini jelas tertulis Masjid Agung Baiturrahman, namun di peta google map ditandai dengan nama Masjid Raya Baiturrahman.

Kabupaten Dompu, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ibukotanya berada di kecamatan Dompu. Kabupaten ini berada di bagian tengah Pulau Sumbawa. Wilayahnya seluas 2.321,55 km² dan jumlah penduduknya sekitar 218.000 jiwa. Kabupaten Dompu berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa dan Teluk Saleh di barat, Kabupaten Bima di utara dan timur serta Samudera Hindia di selatan.

Dompu terkenal sebagai penghasil susu kuda liar dan madu. Selain itu Dompu juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan keragaman genetik hewan penghasil daging misalnya kerbau rawa atau kerbau lumpur (sahe dalam bahasa Dompu). Budaya masyarakat Dompu sangat dekat dengan Kabupaten Bima, Meskipun terdapat sedikit perbedaan dari logat dan bahasanya.
                                                                     
Masjid Agung Baiturrahman Dompu dari sisi timur.
Merujuk kepada situs kementerian agama, Masjid Agung Baiturrahman Dompu ini pertama kali dibangun tahun 1952 di atas lahan seluas 6000 meter persegi dengan status tanah SHM, sedangkan luas bangunan masjid nya sendiri seluas 1250 meter persegi. Masjid Agung Baiturrahman Dompu merupakan masjid yang mengalami perpindahan dan perubahan bentuk selama 4 kali mulai sejak berdirinya sampai dengan sekarang ini.

Masjid Agung Baiturrahman Dompu berdiri megah di lokasi yang sangat strategis, Gerbang utamanya menghadap ke ruas jalan Jendral Sudirman di sisi sebelah utara Masjid, terdapat gerbang lainnya menghadap ke jalan di sisi sebelah timur yang juga dilengkapi dengan pelataran dan taman yang cukup luas. Masjid juga menyediakan pintu akses kecil dari sisi selatan yang mengarah ke ruas jalan KH. Ahmad Dahlan di Kelurahan Karijawa, kecamatan Dompu.

Masjid Agung Baiturrahman Dompu
Jl. . Jenderal Sudirman, Bada, Kecamtan Dompu
Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat 84213



Saat artikel ini ditulis, panorama di google street view masih menyajikan masjid ini dari rekaman kamera pada bulan Februari 2016 dengan pemandangan masjid yang belum selesai seluruhnya dari proses rehabilitasi. Sangat berbeda dengan bangunan masjid yang kini berdiri megah dengan balutan warna kuning emas nyaris diseluruh bagian bangunannya.

Pada awalnya Masjid Agung Baiturrahman Dompu ini hanya memiliki satu menara disisi timur laut bangunan utamanya. Kini masjid ini memiliki empat menara dengan tambahan tiga menara baru di masing masing empat penjuru atapnya. Menara lama tetap dipertahankan dengan sedikit perubahan dan menjadi menara utama.

Masjid ini juga dilengkapi dengan bangunan beranda baru di sisi timur bangunan menghadap ke taman. Diberanda ini ditempatkan jejeran anak tangga menuju ruang sholat utama di lantai dua masjid. Taman masjid ini juga mendapat sentuhan apik dengan dibangunnya sebuah air mancur sejajar dengan bangunan menara utama.

  

Bagian yang cukup unik dari masjid ini adalah kubahnya yang dibangun menyerupai buah labu, tidak seperti kebanyakan kubah masjid yang dibangun dengan bentuk kubah bawang polos. Warna kuning ke emasan membalut kubah masjid ini senada dengan bangunan utama dan menaranya. Satu kubah bawang berukuran lebih kecil bewarna kuning emas juga ditempatkan dipuncak menara utama.

Sebagai masjid agung kabupaten, masjid Agung Baiturrahman ini menjadi pusat aktivitas Islam di Kabupaten Dompu, mulai dari pelaksanaan sholat dua hari raya, pelaksanaan STQ tingkat kabupaten hingga pelaksanaan syukuran hari kemerdekaan Republik Indonesia juga dipusatkan di masjid Agung Baiturrahman ini.

Referensi



------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


No comments:

Post a Comment