Sunday, February 19, 2017

Mesjid Syuhada Lamgugob Banda Aceh

Masjid terbersih di Kota Banda Aceh

Masjid Syuhada merupakan salah satu masjid di kota Banda Aceh, Ibukota provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Mesjid ini merupakan salah satu mesjid besar di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Yang Istimewa dari masjid ini adalah prestasinya yang terpilih sebagai Masjid paling bersih dan paling tertib se-kota Banda Aceh tahun 2016.

Areal parkirnya sangat besar dan luas, cukup memberi kenyamanan bagi jamah memarkirkan kendaraannya. Tempat wudhunya pun bersih dan nyaman. Beberapa bagian kecil masjid ini mengambil contoh Mesjid Raya Banda Baiturrahman, namun secara keseluruhan sama sekali berbeda rancangan.

Mesjid Syuhada Lamgugob
Jl. T. Lamgugob, Desa Lamgugop, Kec. Syiah Kuala
Banda Aceh, Aceh, Indonesia


Bangunan masjid ini dibangun berdinding masif dilengkapi dengan beranda di bagian depannya. Bangunan beranda ini dilengkapi dengan pilar pilar dan lengkungan. Dibagian atapnya dilengkapi dengan kubah kecil bergaya setengah lingkaran. Berbeda dengan mesjid-mesjid lain yang lebih sering membiarkan dinding depan polos atau dihiasi dengan kaligrafi, dinding depan Mesjid Syuhada hampir seluruhnya ditutupi dengan ukiran kayu jati bermotif kubah mesjid dan bunga mawar serta beberapa potongan ayat Suci Al-Qur'an.

Masjid Terbersih

Di bulan Agustus 2016 yang lalu Masjid Syuhada Lamgugop ini berhasil meraih predikat sebagai masjid paling bersih dan paling tertib di Kota Banda Aceh. Hasil penilaian itu diumumkan oleh Dewan Juri, Ustad Burhanuddin A Gani, Jumat (12/8) dalam acara Dakwah Jumatan Pemko Banda Aceh, di Taman Sari (Taman Bustanussalatin), Banda Aceh.

Masjid Syuhada Lamgugop

Wali Kota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE menyerahkan hadiah uang dan plakat untuk juara pertama masjid terbersih se-Banda Aceh yang diterima Prof Dr Syamsul Rijal M.Ag selaku ketua BKM Masjid Besar Syuhada Lamgugob. Peneyerahan hadiah itu dalam acara Dakwa Jumaatan, di Taman Sari Banda Aceh, Jumat 12 Agustus 2016.

Atas keberhasilan itu Masjid Syuhada berhak atas hadiah berupa plakat dan uang sebesar Rp 12 juta. Sedangkan juara II diraih oleh Masjid Al-Istiqamah Gampong Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman dan mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta. Juara III diraih oleh Masjid Muqarrabin Gampong Punge Blang Cut, dengan hadiah Rp 8 juta.

Selanjutnya, juara harapan I diraih oleh Masjid Nurul Huda Peunyeurat dengan hadiah uang sebesar Rp 6 juta. Terakhir, harapan II jatuh kepada Masjid Al-Abrar Lamdingin dengan hadiah Rp 5 juta. Lomba kebersihan dan ketertiban masjid merupakan program tahunan DSI Banda Aceh.***

Referensi