Saturday, June 18, 2016

Kuningan Islamic Center

Masjid At-Taufik di komplek Kuningan Islamic Center
Kuningan yang dimaskud disini adalah kabupaten Kuningan di Provinsi Jawa Barat. Bukan Kuningan Kawasan Bisnis di Jakarta. Masjid At-Taufik merupakan masjid yang berada di kawasan Islamic Center Kabupaten Kuningan. Dibangun di Jalan Lingkar Cijoho-Cirendang Kabupaten Kuningan. Dibangun oleh pemerintah kabupaten Kuningan sebagai pusat ke-Islaman Kabupaten, sesuai dengan visi Kuningan yang ingin menjadikan masyarakatnya sebagai masyarakat yang agamis.

Masjid At-Taufik dan Islamic Center ini diresmikan tahun 2012 oleh Bupati Kuningan Utje Ch Suganda, dan menjadi langganan tempat diselenggaralannya bazar ataupun pameran tingkat kabupaten Kuningan. Komplek Islamic Center ini juga di jadikan pusat manasik Haji bagi para calon haji dari Kabupatem Kuningan serta menjadi tempat pemberangkatan dan kedatangan Jemaah Haji dari kabupaten tersebut. Untuk pelaksanaan ibadah haji, jemaah haji dari Kabupaten Kuningan akan menginap di asrama haji Bekasi sebelum keberangkatan ke tanah suci.


Pada tanggal 23-29 Maret 2014 yang lalu, Islamic center Kuningan menjadi tempat diselenggarakannya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Jawa Barat. Acara tersebut turut dimeriahkan dengan kehadiran artis Ibukota Dewi Yul membawakan lagu lagu Islami di iringi grup band siswa SLB Taruna Mandiri Kuningan yang pernah menjadi juara di tingkat Nasional. Meski pelaksanaan MTQ tersebut dilaksanakan di komplek Islami Center Kuningan namun acaranya tidak dilaksanakan di Masjid At-Taufik dengan pertimbangan agar tidak mengganggu aktivitas peribatan rutin di masjid tersebut.

Selama pelaksanaan MTQ, juga digelar pameran hasil pembangunan keagamaan dari 27 kabupaten/kota se Jawa Barat dan stand dari provinsi, juga hadir peserta pameran dari Kabupaten Brebes dan Cilacap sebagai wakil daerah perbatasan grup “Kuningan Summit”. Pameran tersebut, diprakarsai Dekranasda yang dipusatkan di Pandapa Paramartha Kuningan, juga setiap hari digelar panggung kesenian sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.***

Baca Juga