Sunday, November 27, 2016

Masjid Agung Iqro Halmahera Timur

Matahari senja seolah bersembunyi di balik Masjid Agung Iqro Kota Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara.

Halmahera Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Maluku Utara, terbentuk pada Tanggal 23 Februari tahun 2003, sebelumnya Halmahera Timur merupakan bagian dari wilayah Kota Tidore Kepulauan. Ibu Kota Kabupaten Halmahera Timur adalah Kota Maba, namun lebih sering disebut Maba.

Di kota Maba sudah berdiri Masjid Agung Kabupaten yang diberi nama Masjid Agung Iqro. Masjid Agung Iqro diresmikan pada tanggal 6 Maret 2015 oleh oleh Bupati Halmahera Timur, H Rudy Erawan SE MSi bersama dengan Wakil Bupati Ir Muh Din, Ketua DPRD Jhon Ngoraici dan para Muspida Kabupaten Haltim, ditandai dengan pemukulan beduk dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pembangunan masjid.


Masjid Agung Iqro berdaya tampung 3000 jemaah, dibangun diatas tanah wakaf dari masyarakat Soa Gimalah dan Maba Sangaji. proses pembangunannya memakan waktu selama tiga tahun, jauh lebih cepat dari rencana semula yang direncanakan selama lima hingga tujuh tahun.

Masjid Agung Iqro ini nantinya juga akan dilengkapi dengan Komplek Islamic Center yang akan dibangun disebelah kiri Masjid. Selain sebagai tempat ibadah lima waktu, masjid ini juga dijadikan sebagai pusat aktivitas ke-Islaman tingkat kabupaten Halmahera Timur termasuk pelaksanaan manasik haji, pelepasan dan penyambutan Jemaah haji, hingga pengajian ibu ibu. 

Pinky Mosque. Ekterior maupun interior masjid Agung Iqro di kabupaten Halmahera Timur ini, di dominasi oleh warna merah muda.

Berdiri di tengah lahan yang cukup luas membuat bangunan masjid Agung ini terlihat begitu menonjol dengan warnanya yang tak biasa. baik exterior hingga interiornya Masjid Agung Iqro di dominasi oleh warna merah muda, merah hati. Bangunan utamanya berdenah segi empat, berlantai dua. di tambah dengan beranda yang cukup besar di depan masjid dan dua banguinan sayap di bagian kiri dan kanan.

Satu kubah utama ditempatkan di bagian tengah atap di apit dengan empat kubah yang lebih kecil di empat penjuru atap masjid. Baik kubah utama maupun kubah nya yang lebih kecil memiliki padanan corak dan warna yang sama. Masjid Agung Iqro ini tidak dilengkapi dengan Menara.***