Saturday, November 5, 2016

Masjid Tembagapura kabupaten Mimika

Masjid satu ini salah satu masjid yang berada di tempat tertinggi di Indonesia. Kota Tembagapura tempat Masjid Daarussa'adah ini berdiri berada di ketinggian 2500 meter dari permukaan laut, jauh lebih tinggi dari puncak Gunung Salak di Jawa Barat.

Masjid Nurussa’adah adalah salah satu Masjid yang dibangun oleh PT. Freeport Indonesia di Kota Tembagapura, Kabupaten Mimika, provinsi Papua. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang berada di tempat tertinggi di Indonesia. Lokasinya berdiri memang berada di pegunungan Jayawijaya yang merupakan dataran tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 2500 mdpl, lebih tinggi dari Gunung Salak di Bogor yang sangat terkenal itu dengan puncak tertingginya 2.211 meter dari permukaan laut (mdpl).

Untuk tiba ke Tembagapura dengan perjalanan sekitar 20 menit dengan helikopter dari Kota Timika atau dengan bus khusus anti peluru dari Bandara Mozes Kilangin di Timika selama 2-3 jam. Tembagapura  dikelilingi pegunungan dan awan putih yang berlapis-lapis. Suasana ini menghadirkan suhu yang cukup dingin, dengan suhu berkisar 5-20 derajat Celcius.


Masjid Nurussa’adah secara resmi dibuka pada tanggal 15 November 1994 oleh David M. Francisco bersama sama dengan (alm) KH. Zainudidin MZ sebagaimana dijelaskan dalam prasasti pembangunan masjid tersebut. Masjid Nurussa’adah memang semarak dengan aktivitas ke-Islaman dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti ruang multimedia, stasiun radio suara HMM, perpustakaan masjid serta tentu saja hamparan karpet yang lembut.***

--------------

Baca Juga