Wednesday, December 7, 2016

Bantu Muslim Asli Papua Bangun Masjid di Kabupaten Sorong

Maket masjid Al-Jabal Maiboh

Desa Maiboh merupakan sebuah desa terisolir yang terletak di Kel. Klabinain Distrik Aimas, Kabupaten Sorong Papua Barat. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 30 KM. Mereka yang tinggal di Desa Maiboh adalah 100 % Asli Muslim Papua. Total Jiwa yang mendiami Kampung Maiboh ini kurang lebih 400 jiwa dan sebagian dari mereka adalah muallaf.

Jika mereka ingin Shalat Jum'at maupun Shalat Hari Raya, mereka harus berjalan keluar Desa kurang lebih 3 KM untuk sampai di Masjid Kampung tetangga atau Kelurahan Tetangga. Karena sebagian besar dari mereka adalah muallaf, otomatis permasalahan praktik ibadah praktis masih sangat kurang. Masih banyak di antara mereka belum paham dan mengerti tentang tatacara Bersuci, Shalat, serta Adab sesuai syariat Islam.


Tidak hanya itu, mereka pun menjadi objek misi orientalis yang berniat menggoyahkan aqidah mereka. Alhamdulillah atas usaha dakwah ini kami masih mampu mempertahankannya. Hal ini yang mendorong AFKN Sorong melakukan pembinaan demi pembinaan untuk mereka. Namum dalam melakukannya, mendapati berbagai macam kendala yaitu adalah Sarana Ibadah yang saat ini digunakan tidaklah layak.

Hal ini membuat kehadiran Masjid di Desa Maiboh menjadi vital untuk kemudahan warga dalam beribadah dan keberlangsungan syiar Islam. Tergerak dengan kondisi di atas, Yayasan Alfatih Kaaffah Nusantara dibawah binaan Ustadz M Zaaf Fadhlan Rabbani Al Garamatan, berniat membangun Masjid yang nantinya akan digunakan sebagai central dakwah ummat Islam, pemberdayaan ekonomi berbasis masjid dan tempat belajar mengaji.

Pembuatan pondasi Masjid Al-Jabal Maiboh

Selain itu agar para Muballigh/ah yang datang ke Papua dapat kami arahkan ke Desa Maiboh guna memberikan Bimbingan. Adapun lokasi Masjid yang akan dibangun letaknya pas di rumah hunian Masyarakat Muslim Asli Papua dari Suku Kokoda ada juga dari Suku Raja Ampat.

Penggalangan dana untuk pembangunan masjid ini di inisiasi oleh Bpk. Ruslan Rasid, S.Pd.I (No. Hp. 082399260445) selaku Ketua Yayasan Alfatih Kaaffah Nusantara Kabupaten Sorong, Papua Barat, melalui situs kitabisa.com. Klik link dibawah ini untuk melakukan donasi.




No comments:

Post a Comment