Monday, December 12, 2016

Masjid Agung Al-Ittihad Tebo

Sussana Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Ittihad Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Kabupaten Tebo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi. Kabupaten ini berasal dari hasil pemekaran Kabupaten Bungo Tebo, tanggal 12 Oktober 1999. Pusat pemerintahan kabupaten Tebo berada di Muara Tebo. di Pusat pemerintahannya, kabupaten Tebo telah memiliki masjid Agung dengan nama Masjid Agung Al-Ittihad Tebo yang merupakan masjid termegah dan terbesar di kabupaten Tebo.

Pembangunan masjid ini dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid agung Al-Ittihad Tebo di tahun 2013, proses pembangunanya terbilang cukup singkat hanya sekitar selama dua tahun. Masjid Agung Al-Ittihad selesai dibangun dan diserahterimakan dari PT. Nindya Karya Selaku kontraktor pembangunan masjid kepada Dinas PU kabupaten Tebo pada tanggal 9 Maret 2015 dengan biaya pembangunan mencapai Rp. 60 Milyar Rupiah.

Masjid Agung Tebo
Jl. Muara Bungo Jambi, Pal 2, Muara
Bedaro Rampak, Tebo, Kabupaten Tebo,
Jambi 37573 Indoensia

  

Masjid tersebut tidak langsung difungsikan setelah proses serah terima karena masih ada beberapa perbaikan yang harus dilaksanakan termasuk mempersiapkan segala kelengkapan masjid tersebut, termasuk pengujian pasokan air, lampu lampu penerangan, pasokan listrik cadangan, toilet, sound system dan sebagainya.

Baru pada bulan suci Romadhan 1436H / Juli 2015 masjid ini mulai difungsikan sekaligus menjadi sholat Idul Fitri pertama yang diselenggarakan di masjid ini dihadiri oleh Bupati Tebo H.Sukandar dan Sekda Tebo Noor Setyo Budi serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Tebo dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tebo.

Interior Masjid Agung Tebo

Animo masyarakat muslim Tebo begitu tinggi untuk menunaikan sholat Ied di masjid Agung yang baru tersebtu, jemaah dari berbagai daerah kabupaten Tebo tumpah ruah ke masjid ini tidak saja yang berasal dari ibukota kabupaten namun juga diramaikan oleh jemaah yang datang cukup jauh dari Muara Tebo. Pada 12-17 Oktober 2015 Masjid Agung Al-Ittihad ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-45 tingkat provinsi Jambi. Kabupaten Surolangun keluar sebagai juara umum dalam perhelatan tersebut.

Sebagai masjid agung kabupaten, Masjid Agung Al-Ittihad Tebo ini menjadi pusat aktivitas ke-Islaman tingkat kabupaten Tebo termasuk penyelenggaraan peringatan hari hari besar islam seperti perayaan menyambut tahun baru Islam, maulid nabi, Idul Fitri dan Idul Adha, dan juga menjadi titik keberangkatan dan kedatangan Jemaah haji kabupaten Tebo, yang dilepas dan disambut langsung oleh bupati Tebo di masjid ini.***

Masjid Agung Al-Ittihad Kabupaten Tebo, Jambi

Masjid Agung Al-Ittihad Tebo ini berarsitektur Masjid Universal dengan kubah besar bewarna hijau di atap masjid ditambah dengan empat ornamen semi kubah di ke-empat penjuru atap. Ada empat bangunan Menara berdenah segi empat di ke-empat penjuru bangunan masjid yang masing masing dibangun terpisah dari bangunan utama. 

Bangunan masjid ini menggunakan begitu banyak bentuk geometris. di sisi timur masjid terdapat area plaza yang cukup luas sebagai area tambahan untuk menampung Jemaah sewaktu waktu dibutuhkan. Selain dari itu, masjid Agung Al-ittihad Tebo juga dilengkapi dengan  area parkir dan taman yang cukup luas hingga mencapai 3300 meter persegi.***